Dunia Hewan: Bocah di Oklahoma Menangkap Ikan Piranha "Gigi Manusia"

By Ricky Jenihansen, Minggu, 23 Juli 2023 | 13:55 WIB
Seorang bocah di Oklahoma, AS telah menangkap ikan yang sangat aneh di dunia hewan. (Oklahoma Department of Wildlife Conservation)

Nationalgeographic.co.id—Seekor ikan aneh mirip piranha dilaporkan telah ditangkap oleh seorang bocah laki-laki di Oklahoma, Amerika Serikat. Ikan yang ditemukan bocah itu sangat aneh di dunia hewan karena ikan itu memiliki gigi mirip gigi manusia.

Ikan langka itu sebenarnya adalah ikan yang disebut sebagai ikan pacu di dunia hewan. Ikan itu berasal dari dari Amerika Selatan dan merupakan ikan invasif.

Ikan pacu telah berevolusi menjadi ikan yang memiliki gigi mirip seperti gigi manusia. Fitur gigi ikan pacu mungkin digunakan untuk mengakomodasi makannya yang bervariasi, mirip seperti manusia yang merupakan pemakan segala.

Bocah yang menangkap ikan itu bernama Charlie Clinton, seorang bocah pemancing yang berasal dari Oklahoma, Amerika Serikat. Ia menangkap ikan eksotis, yang dikenal sebagai pacu itu, di "kolam lingkungan" miliknya pada akhir pekan tanggal 15 Juli 2023.

Oklahoma Department of Wildlife Conservation (ODWC) mengirimkan temuan tersebut di akun resminya di Facebook. Postingan itu telah menerima banyak tanggapan karena ikan pacu adalah ikan yang sangat langka, tetapi di sisi lain invasif.

Ikan pacu adalah nama yang diberikan kepada beberapa spesies ikan dalam famili Serrasalmidae. Mereka berasal dari Amerika Selatan dan berkerabat dekat dengan piranha.

Ikan dalam keluarga ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan sepupu mereka yang bergigi silet. Ikan pacu memasuki ekosistem air tawar di Amerika Serikat ketika mungkin beberapa orang memeliharanya sebagai hewan peliharaan.

Akan tetapi, orang-orang yang memelihara ikan ini telah memeliharanya secara tidak bertanggung jawab. Dan mungkin ada di antara mereka yang melepaskannya ke kolam dan sungai terdekat.

"Mereka melepaskannya ketika ikan pacu tumbuh terlalu besar untuk tangki mereka," tulis pejabat Oklahoma Department of Wildlife Conservation.

Spesies yang tepat dari ikan pacu yang ditangkap Clinton belum diketahui, tetapi kelompok ini diketahui tumbuh dengan panjang sekitar 3,5 kaki atau sekitar 1 meter. "Ikan pacu ini memiliki berat hingga 88 pon atau sekitar 40 kilogram," tulis pejabat ODWC.

Meski terlihat seperti piranha, ikan pacu tidak berbahaya bagi manusia. Gigi mereka yang rata dan mirip manusia kemungkinan besar merupakan hasil dari makanan omnivora mereka yang bervariasi.

Ikan pacu, makan segala hal seperti umumnya omnivora di dunia hewan. Ikan pacu makan termasuk ikan kecil, krustasea bercangkang keras, serta buah dan kacang tanaman air tawar, menurut American Museum of Natural History (AMHN).