Sejarah Maraton, Ternyata Berasal dari Pertempuran Darah Yunani-Persia

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 22 Juli 2023 | 14:03 WIB
Sejarah maraton berasal dari peristiwa berdarah 'Battle of Marathon atau Pertempuran Marathon' antara Yunani melawan Persia. (History)

Nationalgeographic.co.id—Maraton adalah aktivitas olahraga yang sangat populer di zaman sekarang. Nyatanya, sejarah maraton berasal dari peristiwa berdarah antara Yunani melawan Persia.

Maratahon adalah salah satu nama kota di Yunani. Kisah ini berawal dari legenda Pheidippides, seorang utusan Yunani. Dia dikirim dari medan perang Marathon ke Athena untuk mengumumkan bahwa Persia telah dikalahkan dalam Pertempuran Maraton, yang terjadi pada bulan Agustus atau September 490 SM.

Pertempuran Yunani

Sejarah Pertempuran Maraton pada tahun 490 SM adalah bagian dari invasi Persia pertama ke Yunani.

Pertempuran itu terjadi di dataran Marathon di Attica timur laut dan menandai pukulan pertama dari Perang Yunani-Persia.

Dengan Persia mendekati ibu kota Yunani, jenderal Athena Miltiades mengambil alih komando pasukan yang berkumpul dengan tergesa-gesa.

Miltiades melemahkan pusat kekuatannya yang kalah jumlah untuk memperkuat sayapnya, menyebabkan kebingungan di antara pasukan Persia yang menyerang. 

Strateginya menang atas kekuatan Persia, dan kemenangan "orang Marathon" menangkap imajinasi kolektif orang Yunani.

Kisah pembawa pesan Pheidippides yang berlari sejauh 25 mil ke Athena untuk menyampaikan berita kekalahan Persia mengilhami penciptaan maraton modern.

Penyebab Pertempuran Marathon

Pertempuran Maraton terjadi karena Tentara Persia ingin mengalahkan negara-kota Yunani yang mendukung pemberontakan di Ionia, bagian dari Turki modern, melawan Kekaisaran Persia.

Pertemuan pertama di daratan Yunani antara Timur (Persia) dan Barat (Yunani) terjadi pada bulan Agustus atau September tahun 490 SM, di dataran pantai kecil Marathon, 26 mil timur laut Athena.