Dunia Hewan: Apa yang Membuat Laba-Laba Memiliki Delapan Kaki?

By Ricky Jenihansen, Selasa, 25 Juli 2023 | 11:30 WIB
Laba-laba memiliki delapan kaki yang menarik di dunia hewan. Fitur tersebut berasal dari sekitar 500 juta tahun yang lalu. (Amith Nag Photography)

Nationalgeographic.co.idLaba-laba adalah salah satu spesies yang sangat menarik di dunia hewan. Selain bisa membuat jaring yang memukau di dunia hewan, laba-laba juga memiliki 8 kaki yang sangat aneh yang berakar dari sekitar 500 juta tahun yang lalu.

Sepertinya memang tidak ada jumlah kaki yang ideal di dunia hewan. Manusia memiliki dua, anjing memiliki empat, serangga memiliki enam dan kaki seribu dapat memiliki lebih dari 1.000. Jadi apa yang membuat laba-laba puas dengan delapan kaki?

"Saya pikir jawaban terbaik dan jawaban paling sederhana adalah bahwa laba-laba memiliki delapan kaki karena orang tua mereka memilikinya," kata Thomas Hegna, asisten profesor paleontologi invertebrata di State University of New York di Fredonia, kepada Live Science.

"Tapi kemudian itu menjadi semacam kemunduran, dan di suatu tempat semua ini harus dimulai."

Untuk melihat akar dari garis keturunan Chelicerata, kelompok artropoda yang termasuk laba-laba, kita harus kembali ke Periode Kambrium tengah. Kita bisa mengikuti suksesi induk laba-laba dengan delapan kaki sekitar 500 juta tahun yang lalu.

Untuk memahaminya, kita harus melangkah lebih jauh ke belakang. Sekitar 541 juta tahun yang lalu, kita dapat menemukan lobopoda yang hidup di lautan. Lobopoda adalah nenek moyang semua artropoda.

Nama "lobopod" tidak mengacu pada satu spesies melainkan berbagai macam spesies dengan tubuh yang agak sederhana. Pada dasarnya, mereka adalah makhluk mirip cacing dengan tubuh tersegmentasi.

Setiap segmen menampilkan sepasang kaki pendek dan gemuk yang kira-kira identik, dan pola ini berlanjut di sepanjang tubuh mereka.

Saat lobopoda berevolusi, mereka mulai mengkhususkan kaki dan segmen tubuh yang menyatu. Chelicerata awal tampaknya telah menyatukan segmen tubuh kecil mereka menjadi dua bagian besar, yaitu kepala dan perut.

Para ilmuwan tidak yakin mengapa, tetapi kepala mempertahankan kaki, dan perut kehilangan kaki.

Pada saat laba-laba muncul 315 juta tahun yang lalu, mereka mewarisi bentuk tubuh yang kemungkinan sudah berusia 150 juta tahun.

Jika ada, tidak jelas tekanan lingkungan mana yang menyebabkan Chelicerata menetap dengan bentuk kaki delapan mereka. Namun, kita mungkin dapat mengetahui dari mana kaki mereka berasal – dan itu aneh.