Beragam Cara Kekaisaran Romawi Merayakan Kemenangan setelah Perang

By Sysilia Tanhati, Kamis, 27 Juli 2023 | 20:37 WIB
Setelah memenangkan perang atau serangan militer, kaisar dan jenderal di Kekaisaran Romawi akan merayakannya dengan berbagai cara. Mulai dari prosesi kemenangan hingga pembuatan koin baru. (Gabriel de Saint-Aubin/Metropolitan Museum of Art)

Nationalgeographic.co.id—Bangsa Romawi dikenal karena kehebatan militer dan penaklukannya. Serangan militer Kekaisaran Romawi yang sukses menghasilkan wilayah baru, dan kekayaan luar biasa.

Selain itu, kemenangan atas perang juga memberikan kemuliaan bagi tentara, pemimpin, dan Romawi itu sendiri. Tidak heran jika penaklukan Romawi dirayakan dengan berbagai cara.

Mulai dari prosesi kemenangan hingga koin, Kekaisaran Romawi memiliki beragam cara untuk bersenang-senang setelah memenangkan perang.

Prosesi untuk merayakan kemenangan atas pertempuran

Prosesi kemenangan adalah perayaan klasik dari penaklukan Kekaisaran Romawi. Prosesi kemenangan adalah tontonan megah, parade akbar yang diadakan di Roma.

“Tujuannya adalah untuk menghormati jenderal pemenang yang kembali dari pertempuran yang sukses,” tulis Vedran Bileta di laman The Collector.

Namun, setelah berdirinya Kekaisaran Romawi oleh Augustus, kehormatan kemenangan hanya diperuntukkan bagi kaisar dan anggota keluarga kekaisaran.

Dari awal hingga akhir, prosesi kemenangan itu merupakan upacara paling spektakuler di Kekaisaran Romawi.

Prosesi kemenangan adalah perayaan klasik dari penaklukan Kekaisaran Romawi. Prosesi kemenangan adalah tontonan megah, parade akbar yang diadakan di Roma. (Peter Paul Rubens/London National Gallery)

Komandan yang menang, mengenakan pakaian yang rumit, akan berkendara melalui jalan utama Roma dengan kereta.

Jenderal ditemani oleh pasukannya, tawanan, dan rampasan perang yang dibawa dari wilayah yang ditaklukkan.

Prosesi kemenangan itu merupakan pemandangan yang patut disaksikan. Selain itu, prosesi ini menjadi pernyataan yang kuat, sebuah pertunjukan kekuatan dan kemuliaan Kekaisaran Romawi.