Mitologi Yunani: Kisah Theseus dan Minotaur, Apakah Peristiwa Nyata?

By Tri Wahyu Prasetyo, Rabu, 9 Agustus 2023 | 21:54 WIB
Ilustrasi menggambarkan Theseus yang gagah perkasa berada di ujung labirin untuk membunuh Asterius, Minotaur dalam mitologi Yunani. (Knossos Guides)

Nationalgeographic.co.idMinotaur adalah karakter yang muncul dalam mitologi Yunani, berwujud kombinasi antara manusia dan banteng.  Dengan kepala manusia dan tubuh bagian bawah banteng, legenda Minotaur berakar dari masa ketika Zeus dan jajaran Dewa Yunani menguasai alam semesta. 

Terkenal dari mitos Theseus dan Minotaur, cerita ini selalu menjadi legenda, tetapi apakah kisah Theseus dan Minotaur mitologi Yunani ini berakar dari kisah nyata?

Zoe Mann, pada laman The Collector, menceritakan beberapa argumen atau teori mengenai kebenaran kisah Theseus dan Minotaur.

Legenda Theseus dan Minotaur

Patung Marmer Theseus Mengalahkan Minotaur, Tuileries Gardens, abad ke-19, (Via GreekMythology)

Legenda Minotaur dimulai dengan Raja Minos, salah satu dari tiga putra Zeus dan Europa. Europa dan suaminya,Asterion, yang seorang manusia, membesarkan anak-anak mereka bersama-sama (Minos, Sapedon, dan Rhadamanthus). 

Ketika Asterion meninggal, putra-putranya memperebutkan takhta. Minos, yang namanya berarti Raja, mengklaim tahta untuk dirinya sendiri dan mengusir kedua saudaranya dari pulau itu selamanya.

Dengan istrinya, Pasiphae, Minos memerintah Kreta dengan mengklaim bahwa ia mendapat persetujuan dari para Dewa yang akan melakukan apa saja untuknya.

Untuk membuktikan hal ini, Minos pergi ke laut dan meminta Poseidon, Dewa Lautan, agar seekor banteng muncul dari kedalaman air. 

Sebagai imbalannya, Minos akan mengorbankan banteng tersebut untuk menghormati sang dewa. Karena tertarik dengan pengabdian Minos, Poseidon menciptakan seekor banteng yang muncul dari ombak.

Namun, banteng itu begitu indah sehingga Minos tidak tega untuk membunuh hewan itu. Oleh Karenanya, sang raja mengakalinnya dengan mengorbankan seekor banteng biasa dan mengambil hewan cantik itu sebagai miliknya.

Poseidon mengetahui bahwa Minos tidak menepati janjinya dan mengutuk Pasiphae untuk jatuh cinta pada banteng tersebut. Tak lama kemudian, Pasiphae mengandung anak banteng tersebut, yang tumbuh menjadi Minotaur (nama ini secara harfiah berarti "banteng Minos").