Kegigihan Tiga Kekaisaran Wilayah Asia Timur Melawan Bajak Laut

By Cicilia Nony Ayuningsih Bratajaya, Kamis, 3 Agustus 2023 | 14:00 WIB
Wang Zhi sebagai salah satu tokoh One Piece. Siapakah sejatinya dia? Apakah terinspirasi dari sosok bajak laut yang pernah ada? (One Piece)

Nationalgeographic.co.id—Bajak Laut Rocks telah diperkenalkan dalam seri manga One Piece sebagai salah satu bajak laut terkuat yang pernah ada di lautan. Bajak laut ini terdiri dari beberapa kru yang sangat kuat.

Salah satunya adalah Wang Zhi, sosok yang masih menjadi misteri. Wang Zhi sebagai salah satu tokoh One Piece, pastinya mengambil referensi dari sejarah bajak laut dunia nyata yang berasal dari daratan Cina.

Wang Zhi adalah figur utama dari kelompok Wako (bajak laut) yang terkenal pada abad ke 16 masehi. Sebegitu terkenalnya Wang Zhi ini pada tahun 2000 didirikan sebuah monumen patung dirinya di kampung halamannya. Patung tersebut memperlihatkan sosok Wang Zhi dengan jenggot panjang dan sebilah pedang yang ia pegang terhunus ke tanah.

Dilansir dari World History, beberapa kelompok bajak laut bahkan memenangkan pertempuran melawan pasukan Ming yang dikirim untuk membubarkan mereka.

Kaisar Yongle (memerintah 1403-1424 ) mengungkapkan kekesalan setiap orang ketika dia menyatakan “Kapal tidak dapat dengan mudah menjangkau mereka, tombak atau panah juga tidak dapat dengan mudah menyentuh mereka. Kami tidak dapat memindahkan mereka dengan memberikan manfaat kepada mereka, kami juga tidak bisa membuat mereka kagum dengan menekan mereka dengan kekuatan kami”.

Kaisar Yongle dari kekaisaran Tiongok terkenal akan prestasinya mengirim ekspedisi pelayaran keliling dunia sehingga budaya dan keagungan Tiongkok tersebar ke seluruh penjuru dunia. Dialah yang memindahkan ibu kota Ming dari Nanjing ke Beijing yang tetap menjadi ibu kota hingga kini

Menyadari kesulitan untuk terus-menerus berpatroli di wilayah laut yang luas dan menyingkirkan para perompak dari pangkalan mereka yang terlindungi dengan baik, Tiongkok lebih memilih kebijakan pertahanan yang kuat. Oleh karena itu, benteng dibangun di sepanjang garis pantai yang paling rentan dan semua perdagangan laut dilarang.

Pada dasarnya, setiap kapal tidak resmi sekarang dapat diidentifikasi sebagai kapal bajak laut. Pada pertengahan abad ke-16 masehi, tindakan yang lebih tegas diambil terhadap para bajak laut. Pemerintah kekaisaran Tiongkok mereformasi sistem pajak mereka dan alih-alih  pembayaran dapat dilakukan dengan perak.

Dari pendapatan ini, sebuah angkatan laut pertahanan dikumpulkan untuk berpatroli di pantai dan menenggelamkan setiap bajak laut yang mereka temui. Akibatnya, para perompak mengalami kekalahan serius oleh pasukan yang dipimpin oleh dua jenderal Ming yang terkenal, Hu Tsung-hsien dan Chi Chi-kuang. Kala itu juga terjadi penangkapan pemimpin bajak laut yang paling dicari, Wang Zhi.

Pada abad ke-14 masehi, orang Korea mengumpulkan armada kapal yang dipersenjatai dengan meriam untuk menghadapi momok bajak laut. Kemenangan penting ini dikreditkan pada Choe Muson yang melawan armada bajak laut besar di muara Sungai Kum pada tahun 1380. Dalam pertempuran tersebut, Choe Muson mampu menggunakan meriam berkat usahanya yang tak kenal lelah untuk mengembangkan bubuk mesiu.

Namun, meskipun beberapa kemenangan diperoleh selama bertahun-tahun oleh angkatan laut Korea. Termasuk serangan langsung di Pulau Tsushima pada tahun 1389  dan ketika 700 tersangka perompak dieksekusi pada tahun 1419. Nyatanya para bajak laut tidak dapat sepenuhnya diberantas.

Pemerintah Korea memberlakukan hukuman keras, termasuk eksekusi, bagi mereka yang tertangkap basah berkolaborasi dengan bajak laut. Akan tetapi, mereka membutuhkan pemerintah Jepang untuk berbuat lebih banyak dan mereka mengirim banyak kedutaan ke pengadilan Jepang untuk tujuan khusus itu.

Para bajak laut menyebabkan cukup banyak masalah bagi Cina, Korea, dan Jepang. Jepang memiliki sedikit kendali atas pangkalan bajak laut, bahkan jika Cina mulai memaksakan perjanjian perdagangan antara mereka sendiri dan Jepang akan bergantung pada upaya pemerintah terakhir yaitu menjaga perompak tetap terkendali.

Jumlah bajak laut Cina semakin bertambah,  menambah masalah pengamanan laut untuk kapal dagang yang sah.

Pada abad ke-14 masehi pemerintah pusat yang lemah masih belum menguasai semua pulau di Jepang. Ini menunjukkan pihak berwenang tidak dapat berbuat banyak untuk mengendalikan pembajakan, bahkan ketika diminta pertama kali oleh kedutaan besar dari negara tetangga pada tahun 1367 yaitu Korea.

Pada tahun 1443, pemerintah Jepang dan Korea akhirnya bersatu, mereka menandatangani Perjanjian Kyehae yang berusaha untuk melegitimasi perdagangan antara kedua negara, khususnya antara Pulau Tsushima dan pelabuhan Korea di Tonnae, Ungchon, dan Ulsan. Hal ini dapat menghapus sebagian dari pendapatan bajak laut.

Sayangnya, perjanjian tersebut dibatalkan pada tahun 1510  menyusul gangguan yang disebabkan oleh pedagang Jepang di ketiga pelabuhan Korea. Kesepakatan baru, tetapi cakupannya jauh lebih terbatas, dibuat dua tahun kemudian.

Perjanjian hanya  berhasil untuk sementara waktu, para bajak laut kembali menyerang pelabuhan Korea dalam serangan besar pada tahun 1544 .

Menjelang akhir abad ke-16 masehi, wako yang berbasis di Jepang akhirnya akan mendapatkan pembalasan. Toyotomi Hideyoshi, pemimpin militer Jepang dari tahun 1582-1598 bertekad menghapus pembajakan. Berkat penyatuan Jepang yang dilakukannya, Hideyoshi gigih menyerang wako.

Hideyoshi yang pragmatis juga menggunakan banyak bajak laut untuk dirinya sendiri, mengizinkan kapal mereka untuk berdagang secara sah sejak tahun 1592 , asalkan mereka membawa segel merah pribadinya, maka nama umum mereka shuin-sen atau kapal segel merah. Kebijakan yang sama dilakukan oleh penggantinya Tokugawa Ieyasu (memerintah 1603-1605 ).

Akhirnya, lautan Asia Timur telah (hampir) dibebaskan dari para bajak laut, tetapi kerusakan reputasi internasional Jepang telah terjadi. Hideyoshi sendirilah yang memperburuknya dengan menyerang Korea antara tahun 1592 dan 1598. Sebuah invasi yang juga termasuk menyerang wako dan kapalnya.