Kisah Sisyphus, Mitologi Yunani yang Trending di TikTok dan Twitter

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 5 Agustus 2023 | 07:00 WIB
Sisifus dalam mitologi Yunani menjadi tren di media sosial. (Titian / Public Domain)

Nationalgeographic.co.id - Beberapa pekan terakhir, tokoh mitologi Yunani Sisyphus mendadak menjadi tren di situs media sosial seperti TikTok dan Twitter. Pengguna menjadikan mitologi Yunani ini sebagai lelucon dalam meme yang diunggah daring.

Jadi siapa sebenarnya Sisyphus  dalam mitologi Yunani? Mengapa kisah Sisyphus begitu lucu dan dijadikan lelucon?

Menurut catatan Greek Reporter, di dalam mitologi Yunani, Sisyphus adalah seorang raja yang licik dan penuh tipu daya.

Sisyphus telah dikutuk dalam hukuman abadi dengan mendorong batu besar ke atas bukit yang curam tanpa henti, hanya untuk menggelindingkannya ke bawah setiap kali dia mendekati puncak.

Seperti banyak mitologi Yunani, kisah Sisyphus memiliki makna metaforis atau bukan arti yang sebenarnya. Oleh karena itu, tugas-tugas yang berat dan sia-sia disebut Sisyphean.

Sisyphean adalah istilah untuk menyebut tugas yang tampaknya tidak ada akhirnya, atau tugas yang sia-sia dan tidak ada hasil nyata.

Kisah Sisyphus dalam mitologi Yunani

Kisah Sisyphus berasal dari mitologi Yunani dan muncul dalam karya beberapa penulis Yunani kuno termasuk Homer dan Plutarch.

Menurut mitologi Yunani, Sisyphus adalah pendiri dan raja pertama Ephyra yang memiliki nama asli Korintus. Putra Aeolus, raja Thessaly, dan Enarete terkenal sebagai orang yang sangat licik. Dia menipu para dewa dan kematian.

Ia dikenal karena sifatnya yang licik meskipun ada beberapa versi berbeda dari kisahnya yang sering kali bertentangan.

Sisyphus, yang terkenal karena sifatnya yang licik, menipu maut dan Hades dua kali. Pada contoh pertama, dia dengan berani menangkap dan merantai Thanatos, personifikasi Kematian.

Dengan menangkap dan merantai Thanatos, maka ia mencegah siapa pun mati sampai Ares turun tangan dan membebaskan Thanatos.