Monster Menakutkan yang Muncul dalam Mitologi Yunani hingga Nordik

By Sysilia Tanhati, Jumat, 4 Agustus 2023 | 08:00 WIB
Mitos dan legenda seakan belum lengkap tanpa kehadiran monster. Ada beberapa monster kejam dan menyeramkan yang kerap muncul dalam mitologi. (Lizars, W. H)

 

Nationalgeographic.co.id—Mitos dan legenda seakan belum lengkap tanpa kehadiran monster. Biasanya, monster muncul untuk menakuti penduduk. Kemudian seorang pahlawan bertarung dengan monster dan mengalahkannya.

Berikut beberapa monster sadis dan menakutkan yang kerap muncul dalam mitologi sejak masa lalu.

Griffin

“Griffin adalah perpaduan dari dua predator berbeda,” tulis Evan Andrews di laman History. Monster atau makhluk mitologi ini memiliki tubuh dan kaki belakang singa serta sayap, paruh, dan cakar elang.

Kisah raksasa terbang kemungkinan besar berasal dari Timur Tengah, tetapi kemudian menjadi motif populer dalam sastra Yunani kuno.

Legenda griffin semakin populer berkat Sir John Mandeville. Dalam karyanya, ia menggambarkan makhluk itu lebih kuat dari delapan singa dan seratus elang.

Griffin adalah perpaduan dari dua predator berbeda. Monster atau makhluk mitologi ini memiliki tubuh dan kaki belakang singa serta sayap, paruh, dan cakar elang. (Public Domain)

Griffin dipuja karena kecerdasan dan keganasannya. Binatang buas mampu merobek daging dengan cakar tajamnya. Griffin bisa menerbangkan korbannya ke tempat yang sangat tinggi sebelum menjatuhkannya ke kematian.

Menurut peneliti Adrienne Mayor, legenda griffin kemungkinan terinspirasi dari penemuan awal fosil dinosaurus. Pengembara Scythian di Asia Tengah mungkin telah menemukan tulang dinosaurus protoceratops. Tulang itu dikira sebagai makhluk mirip burung dan akhirnya menghasilkan mitos tentang makhluk terbang yang menakutkan.

Kraken

Menurut mitologi Skandinavia, kraken adalah makhluk laut raksasa yang mengerikan, panjangnya bisa mencapai 1,6 km. Cerita-cerita umum menggambarkannya sebagai gurita yang sangat besar atau cumi-cumi yang menyerang kapal. Menurut beberapa kisah lainya, tubuhnya yang besar kerap disalahartikan sebagai pulau. 

Kraken pertama kali disebutkan dalam Örvar-Oddr, kisah Islandia abad ke-13 yang melibatkan dua monster laut, Hafgufa (kabut laut) dan Lyngbakr (punggung heather). Hafgufa diyakini sebagai referensi ke Kraken.