Histori Kekaisaran Mongol Menyatukan Kebudayaan Tiongkok hingga Islam

By Galih Pranata, Jumat, 10 November 2023 | 14:09 WIB
Meski dikenal sebagai kekaisaran yang kuat, dalam catatan sejarah, pasukan Kekaisaran Mongol gagal menginvasi Kekaisaran Jepang. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Dalam kronik sejarah, Jenghis Khan dan bangsa Mongol selalu dikaitkan dengan kisah-kisah mengerikan tentang penaklukan, kehancuran, dan pertumpahan darah. Sebuah klan raksasa yang menguasai daratan yang luas.

Pemimpin klan terkenal sekaliber Jenghis dan penerus langsungnya, telah berhasil membangun kekaisaran terbesar yang pernah ada, mencakup seluruh benua Asia dari Samudra Pasifik hingga Hongaria modern di Eropa.

Pemimpin tangguh Mongol, lahir dari lingkungan yang serba sulit dan berbahaya. Jenghis Khan, seperti bangsa Mongol lainnya, lahir dan besar di Stepa Eurasia—sebuah wilayah dataran yang membentang dari Manchuria di timur, hingga Hongaria dan Kroasia di barat.

Ia dilahirkan dari seorang kepala suku kecil Mongol. Ketika Jenghis Khan berusia sembilan tahun, ayahnya dibunuh, dan musuh sukunya kemudian membuang istri dan lima anaknya untuk mengurus diri mereka sendiri di padang rumput Stepa yang keras.

Stepa Eurasia merupakan sebuah negeri yang keras dengan musim panas yang terik dan musim dingin yang ekstrem. Membuang ia dan anak-anaknya ke Stepa sama seperti hukuman mati. Menariknya, ibu Jenghis Khan adalah orang yang luar biasa.

Ibu Jenghis Khan berhasil membesarkan kelima anaknya itu. Akan tetapi, meski berhasil menjaga sebagian besar anak-anaknya untuk tetap hidup, keluarga Jenghis Khan mengalami kemiskinan yang sangat parah.

Meski Stepa dikenal keras dan mematikan, beruntungnya, masih ada penghidupan bagi orang-orang yang hidup di Stepa lewat padang rumputnya yang melimpah, yang memungkinkan peternakan dalam jumlah besar. 

Alhasil, wilayah tersebut menjadi tempat tinggal yang dihuni selama ribuan tahun oleh suku-suku nomaden. Orang-orang inilah yang mengembara bersama ternaknya dari satu padang rumput ke padang rumput lainnya.

Potret Jenghis Khan oleh Pierre Duflos (Via Big Think)

Kekaisaran Mongol yang dikenal kuat dan keji tidak mungkin terbentuk tanpa kepemimpinan yang visioner, keterampilan organisasi yang unggul, kavaleri tercepat dan paling tangguh yang pernah dikenal. Berkat Warisan Jenghis Khan yang luar biasa, pengaruhnya meluas.

Perkembangannya terus berlanjut antara abad ke-13 dan ke-14. Kekaisaran ini mulai membangun dirinya di Stepa Asia Tengah dan menyebar dengan cepat dari Samudera Pasifik hingga Teluk Persia. 

Mereka juga memiliki "pasukan pemanah yang hebat, dan, tentu saja, memberikan malapetaka dan kehancuran bagi musuh-musuhnya," tulis Stefano Karboni kepada The Met Museum dalam artikelnya The Legacy of Genghis Khan yang terbit pada bulan Oktober 2023.