Sejarah Jepang: Selisik Praktik Modifikasi Tengkorak Masyarakat Hirota

By Sysilia Tanhati, Jumat, 8 September 2023 | 07:00 WIB
Sepanjang sejarah manusia, praktik modifikasi tubuh dilakukan di beberapa budaya. Masyarakat Hirota di Jepang kuno termasuk salah satu kelompok yang melakukan praktik ini. (Seguchi N et al./Kyushu University)

Nationalgeographic.co.id - Sepanjang sejarah manusia, praktik modifikasi tubuh dilakukan di beberapa budaya. Dalam beberapa budaya, ada beragam jenis modifikasi tubuh seperti pengikatan kaki, pemanjangan leher, dan tato. Bisanya, tato berkaitan dengan kelas, cita-cita kecantikan, atau spiritualitas.

Selain itu, ada juga praktik modifikasi tengkorak. Masyarakat Hirota di Jepang kuno termasuk salah satu kelompok yang melakukan praktik ini. Sebuah penelitian baru menunjukkan mereka memiliki alasan yang lebih praktis untuk memodifikasi tengkorak bayi. “Tujuannya adalah untuk memfasilitasi perdagangan,” tulis Sonja Anderson di laman Smithsonian Magazine.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One ini berpendapat bahwa masyarakat Hirota sengaja mengubah tengkorak anak-anak mereka. Sebelumnya, para peneliti tidak yakin apakah deformasi tersebut disebabkan oleh proses alami yang tidak diketahui.

Analisis tengkorak masyarakat Hirota dari era Jepang kuno

Dalam sejarah Jepang, Hirota berkembang pesat antara abad ketiga dan ketujuh, kata penulis utama Noriko Seguchi. Ia adalah seorang antropolog biologi di Universitas Kyushu di Jepang.

Para arkeolog mulai mempelajari kerangka Hirota pada tahun 1957. Saat itu, sebuah situs permakaman besar ditemukan di Pulau Tanegashima di Prefektur Kagoshima. Saat memeriksa kerangka tersebut, para peneliti menemukan bahwa tengkorak mereka pendek dan rata di bagian belakang. Hal tersebut menunjukkan bahwa tulang itu telah dimodifikasi.

Tim Seguchi menganalisis bentuk tengkorak dengan memeriksa gambar dan pemindaian tiga dimensi dari garis luar dan permukaannya. Para peneliti kemudian membandingkan temuan mereka dengan data tengkorak dari situs arkeologi di tempat lain di Jepang.

A. Tengkorak dari situs Doigahama dari era Yayoi. B. Tengkorak masyarakat Hirota. (Seguchi N et al./Kyushu University)

Mereka menemukan tengkorak Hirota memiliki morfologi tengkorak yang berbeda dan sangat bervariasi dari tengkorak Yayoi dan Jomon. “Yayoi dan Jomon adalah dua populasi Jepang kuno yang hidup pada waktu yang sama,” kata Seguchi. Hasilnya membuat tim menyimpulkan bahwa tengkorak tersebut sengaja dibentuk sebelum kematian.

Modifikasi tengkorak dilakukan sejak bayi di masyarakat Hirota

Modifikasi tengkorak yang disengaja bergantung pada kelenturan tengkorak bayi baru lahir, yang belum terbentuk sempurna saat lahir. Kesenjangan antara lempeng tulang tengkorak memberikan peluang untuk menentukan bentuk tengkorak sebelum selesai berkembang. Dalam sejarah manusia, masyarakat kuno di seluruh dunia memanfaatkan kesempatan ini untuk membentuk kepala anak-anak mereka.

Suku Maya, misalnya, meratakan tengkorak bayi dengan menempelkan kepalanya pada permukaan datar mirip papan buaian. “Prosedur ini mungkin dirancang untuk melindungi jiwa anak,” tulis Eric Taipale di majalah Discover pada tahun 2022.