Selidik Minuman Ritual Misteri Eleusinian dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Jumat, 15 September 2023 | 07:00 WIB
Misteri Eleusinian menghubungkan dengan dunia para dewa mitologi Yunani. (Classical Wisdom)

Nationalgeographic.co.id—Minuman Kykeon adalah minuman misterius dari masa lalu yang terkait dengan ritual Misteri Eleusinian. Ritual itu diadakan setiap tahun untuk memuja Demeter dan Persefone di Eleusis dalam mitologi Yunani kuno.

Ada banyak pengalaman mistik seperti penglihatan dan penampakan selama Misteri Eleusinian. Namun mungkin itu semua disebabkan oleh minuman Kykeon yang mengandung zat halusinogen, Giorgio Pintzas Monzani menulis untuk Greek Reporter.

Minuman itu hanya sedikit diketahui dan bahkan lebih sedikit lagi yang dibicarakan atau ditulis. Minuman itu adalah bagian penting dari ritual yang terjadi selama praktik liturgi kuno, sehingga menghubungkan dengan dunia para dewa mitologi Yunani dan pemujaan mereka.

Persiapannya penuh dengan hubungan simbolis, namun dengan analisis medis dan ilmiah modern kita dapat mulai memahami sifat sebenarnya dari resep minuman tersebut.

"Mari kita kembali ke masa lalu untuk melihat apa yang bisa diajarkan mitologi Yunani kepada kita dan apa yang bisa dijelaskan sains kepada kita tentang minuman Kykeon," tulisnya.

Minuman tersebut memainkan peran yang sangat penting selama Misteri Eleusinian, menjadi satu-satunya makanan yang diperbolehkan selama periode puasa yang dilakukan oleh umat beriman selama upacara keagamaan tahunan ini.

Misteri EleusinianMisteri Eleusinian mewakili ritual terpenting dalam dunia keagamaan dunia mitologi Yunani kuno.

Menurut hipotesis sejarah, hal ini dimulai sekitar tahun 1700 hingga 1500 SM. di Eleusis, sebuah kota kecil di luar Athena, dan praktik tersebut dilakukan hingga abad keempat M.

Selama misteri Eleusinian, para pengikut menghormati sosok dewi Demeter dalam mitologi Yunani. Semua upacara berlangsung di sekitar kuil dewi itu sendiri, yang terletak di Eleusis.

Sosok Demeter diapit oleh putrinya Persephone yang menurut mitologi Yunani diculik oleh dewa dunia bawah, Hades.

Para dewa, dalam perjanjian dengan dewa dunia bawah, memutuskan untuk mengizinkan Persephone kembali ke muka bumi selama enam bulan dalam setahun. Ia bersama ibunya Demeter sebelum dia terpaksa kembali lagi ke dunia orang mati untuk sisa tahun.

Mitologi Yunani ini mengarah pada penjelasan kuno tentang pergantian musim. Kemudian pergantian periode berbunga di musim semi dan musim panas dengan periode dormansi di musim dingin.