Perang Saudara Runtuhkan Sejarah Kerajaan Berumur Panjang di India

By Galih Pranata, Sabtu, 16 September 2023 | 11:00 WIB
Meenakshi Amman Tower menjadi bukti arsitektur warisan sejarah Kerajaan Pandya yang berumur panjang. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Siapa yang akan menyangka bahwa ada kerajaan dengan umur paling panjang umur atau paling langgeng di dunia. Salah satunya kerajaan kuno di India bernama Dinasti Pandya yang nyaris berusia 2.000 tahun usianya, yakni 1.925 tahun.

Kerajaan Pandya adalah negara Tamil kuno yang tidak dikenal di India Selatan. Dari zaman prasejarah hingga akhir abad kelima belas, Pandya adalah salah satu dari tiga kerajaan Tamil kuno yang memerintah negara Tamil. 

"Kerajaan dengan umur terlama di dunia adalah dinasti Pandya, yang umurnya berlangsung selama 1.925 tahun, antara tahun 580 SM hingga berakhir pada 1345 M," ungkap McIntyre dalam artikelnya berjudul This Is the Longest-Lived Empire in History, yang dipublikasikan pada 5 Januari 2022.

Meskipun beberapa raja-raja Pandya telah eksis pada abad-abad sebelumnya, dinasti ini diperkirakan baru dimulai sekitar awal abad keenam SM.

Pemerintah Tamil Nadu bekerjasama dengan para ahli kelautan yang bereputasi untuk membantu pemerintah dalam proses ekskavasi benda arkeologis di Korkai, kota pelabuhan kuno kerajaan Pandya.

Pandya merupakan kerajaan yang dikenal juga dengan nama Madurai. Ia merupakan dinasti yang berkuasa di kawasan India Selatan, yag merupakan salah satu dari tiga dinasti keturunan Tamil, selain Chola dan Chera.

Temuan arkeologis mengungkapkan bahwa kekuasaan Pandya telah mencakup hampir seluruh wilayah India dan sebagian Sri Lanka. Pada bulan oktober 2021 silam, ditemukan kembali sejumlah bukti yang menunjukkan pola-pola kehidupan ekonomi Pandya.

Karya Sangam, sebuah manuskrip kuno yang ditemukan sejauh ini menyebutkan Nedunjeliyan I sebagai raja pertama Dinasti Pandya, yang memerintah Korkai, sebuah kota pesisir di muara Sungai Tamraparni.

Sejarah Kerajaan Pandya dari abad ketiga SM hingga abad ketiga M, telah direkonstruksi menggunakan berbagai sumber seperti penguburan megalitik, prasasti dalam bahasa Brahmi Tamil, dan puisi Tamil dari literatur Sangam.

Ada pula catatan dari kisah para pelancong seperti Marco Polo, Wassaff, dan Ibn-Battuta yang pernah melawat ke Pandya. Catatan mereka juga dapat berguna untuk mempelajari perkembangan politik dan sosial budaya pada periode tersebut.

Menariknya, sejarah kerajaan ini memiliki dinamika yang luar biasa. Sempat mengalami pemberontakan, namun Pandya tetap bertahan. Ketika Raja Chola bernama Parantaka I, menyerang Pandya, ia sempat menaklukkan Pandya.

Ia mengalahkan Raja Pandya yang bernama Rajasimha II, yang menyebabkan kemunduran kerajaan Pandya. Meski Parantaka I dari Chola sempat menduduki Kerajaan Pandya, ini bukanlah akhir dari dinasti tersebut.