Francisco Pizarro, Conquistador Pembawa Bencana bagi Kekaisaran Inca

By Ricky Jenihansen, Minggu, 24 September 2023 | 14:00 WIB
Kedatangan Pizaro ke Kekaisaran Inca membawa bencana kemanusiaan terbesar yang pernah menimpa benua Amerika. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.idFrancisco Pizarro adalah seorang conquistador atau penakluk dari Kerajaan Spanyol. Ia adalah orang yang paling bertanggung jawab atas kejatuhan Kekaisaran Inca, peradaban besar yang sempat berjaya selama 1 abad di sepanjang Pegunungan Andes.

Pada tahun 1533 M, Kekaisaran Inca adalah yang terbesar di dunia. Kekaisaran Inca meluas ke seluruh Amerika Selatan bagian barat dari Quito di utara hingga Santiago di selatan.

Namun, banyaknya masalah membuat Kekaisaran Inca menjadi rentan dan mudah untuk ditaklukkan. Mulai dari kurangnya integrasi masyarakat yang ditaklukkan ke dalam kekaisaran hingga perang saudara dalam perebutan takhta Kekaisaran Inca.

Masalah lainnya adalah epidemi penyakit yang dibawa oleh Eropa. Bangsa Inca benar-benar tidak siap dengan kedatangan para penakluk dari Kerajaan Spanyol.

Francisco Pizarro tiba di Peru dengan sekelompok kecil orang yang hanya tertarik pada harta karun. Dengan senjata dan taktik yang unggul, dan bantuan berharga dari penduduk setempat yang ingin memberontak.

Hanya dengan itu saja, Kerajaan Spanyol berhasil menyapu bersih Kekaisaran Inca dalam waktu kurang dari satu generasi.

Kedatangan para pengunjung ke Dunia Baru dan runtuhnya Kekaisaran Inca merupakan bencana kemanusiaan terbesar yang pernah menimpa benua Amerika.

Kekaisaran Inca

Bangsa Inca sendiri menyebut Kekaisaran mereka Tawantinsuyo (atau Tahuantinsuyu) yang berarti 'Tanah Empat Perempat' atau 'Empat Bagian Bersama'.

Cuzco adalah ibu kotanya, dianggap sebagai pusat dunia. Dari sana memancar keluar jalan raya dan jalur pengamatan suci (ceques) ke setiap kawasan: Chinchaysuyu (utara), Antisuyu (timur), Collasuyu (selatan), dan Cuntisuyu (barat).

Kekaisaran Inca tersebar di Ekuador kuno, Peru, Chili bagian utara, Bolivia, dataran tinggi Argentina, dan Kolombia bagian selatan dan membentang sepanjang 5.500 km (3.400 mil) dari utara ke selatan.

Hanya 40.000 suku Inca yang memerintah wilayah yang sangat luas tersebut. Kekaisaran Inca memiliki sekitar 10 juta rakyat yang berbicara dalam lebih dari 30 bahasa berbeda.