Mengapa Monster dalam Mitologi Yunani Berjenis Kelamin Perempuan?

By Ricky Jenihansen, Selasa, 3 Oktober 2023 | 11:00 WIB
Lukisan Scylla dan Glaucus. Monster dalam mitologi Yunani selalu digambarkan berjenis kelamin perempuan. (Peter Paul Rubens)

Nationalgeographic.co.id—Monster-monster dalam mitologi Yunani yang membawa teror sering kali digambarkan berjenis kelamin perempuan. Maka patut muncul pertanyaan, mengapa ada begitu banyak monster mitologi Yunani yang berjenis kelamin perempuan?

Melalui kekuatan dan pengaruh besar karya sastra Yunani, monster-monster mitologi Yunani telah membentuk konsep teror dalam imajinasi masyarakat Eropa Barat.

Makhluk Scylla dan Charybdis tidak terkecuali dalam aturan ini. Keduanya adalah monster laut yang tentunya berjenis kelamin perempuan.

Ada dikotomi dasar antara laki-laki dan perempuan dalam mitologi Yunani. Monster perempuan akan selalu dikalahkan oleh pahlawan laki-laki.

Apakah para pendongeng dan penulis zaman dahulu begitu takut terhadap perempuan, sehingga mereka harus memberi mereka sifat-sifat yang mengerikan, dan menggambarkan mereka sebagai ancaman?

Dan bagaimana gambaran ini berdampak pada masa kini, memengaruhi pandangan dunia kita, dan khususnya konsep kita tentang perempuan?

Norah McGreevy, peneliti Smithsonian berpendapat bahwa “Monster mengungkap lebih banyak hal tentang manusia daripada yang diperkirakan.”

“Apa yang dianggap sebagai manusia?. Sebagai khayalan belaka, makhluk asing, merayap menyeramkan, bertaring, bersayap, dan makhluk menakutkan yang menjadi mitos,” kata McGreevy,

“Telah lama membantu masyarakat menentukan batasan budaya dan menjawab pertanyaan kuno: Apa yang dianggap sebagai manusia?, dan apa yang dianggap mengerikan?”

Menurutnya, yang lebih meresahkan lagi, apakah kisah-kisah yang menceritakan bagaimana laki-laki menaklukkan monster-monster ini sebenarnya mencerminkan keinginan bawaan untuk mendominasi perempuan?

Homer menghadapi Scylla dan CharybdisKisah tersebut muncul dalam puisi epik Yunani terbesar yang disusun sekitar abad ketujuh atau kedelapan SM. Saat Homer's Odyssey dalam perjalanan pulang dari Troy, sang pahlawan harus membuat keputusan mustahil dengan memilih antara melawan Scylla atau Charybdis.

Keduanya adalah monster laut yang mengerikan dan tentunya berjenis kelamin perempuan. Scylla digambarkan sebagai seorang monster laut dengan enam kepala anjing, berkaki dua belas, sedangkan Charybdis adalah monster laut yang seluruh wajahnya adalah mulut dan memiliki sirip.