Pertempuran Muslim Arab -Tiongkok yang Mengubah Sejarah Dunia

By Tri Wahyu Prasetyo, Kamis, 12 Oktober 2023 | 07:00 WIB
Tentara Protektorat Anxi Barat Jauh dari Tang menghadapi pasukan yang dikomandoi oleh Kekhalifahan Islam Abbasiyah. (Via The History of China)

Nationalgeographic.co.id—Pertempuran Sungai Talas adalah pertikaian antara Kekaisaran Tang Tiongkok dan Arab Abbasiyah. Dampak perang ini tak hanya kerasa untuk Tiongkok dan Asia Tengah saja, namun juga untuk seluruh dunia.

Asia pada abad ke-8 adalah sebuah mosaik yang terus berubah dari berbagai kekuatan suku dan regional. Era ini ditandai dengan serangkaian pertempuran, aliansi, persekutuan, persilangan, dan pengkhianatan yang memusingkan.

“Pada saat itu, tidak ada yang tahu bahwa suatu pertempuran, yang terjadi di tepi Sungai Talas di Kirgistan saat ini, akan menghentikan kemajuan Arab dan Cina di Asia Tengah dan menetapkan batas antara Asia Buddha/Konfusianisme dan Asia Muslim,” tulis Kallie Szczepanski, pada laman ThoughtCo.

Pertempuran ini juga berperan penting dalam mentransmisikan penemuan Tiongkok ke dunia barat: seni pembuatan kertas, sebuah teknologi yang akan mengubah sejarah dunia selamanya.

Latar Belakang Pertempuran

Selama beberapa waktu, Kekaisaran Tang yang kuat (618-906) dan para pendahulunya telah memperluas pengaruh Tiongkok di Asia Tengah. Tiongkok mengandalkan serangkaian perjanjian perdagangan dan protektorat nominal daripada penaklukan militer untuk mengendalikan Asia Tengah.

Musuh paling merepotkan yang dihadapi oleh Tang sejak tahun 640 adalah Kekaisaran Tibet, yang didirikan oleh Songtsan Gampo. Tiongkok juga menghadapi tantangan dari Uighur Turki di barat laut, Turki Indo-Eropa, dan suku-suku Laos/Thailand di perbatasan selatan Tiongkok.

Sementara Tang disibukkan dengan semua musuh-musuh tersebut, sebuah negara adidaya baru muncul di Timur Tengah.

Pasca wafatnya Nabi Muhammad pada tahun 632, umat Muslim di bawah Dinasti Umayyah (661-750) segera menguasai wilayah yang luas.

Kallie menggambarkan, bahwa penaklukan Arab menyebar dengan kecepatan yang menakjubkan. “Dari Spanyol dan Portugal di barat, melintasi Afrika Utara dan Timur Tengah, dan terus ke kota-kota oasis Merv, Tashkent, dan Samarkand di timur.”

Kepentingan Tiongkok di Asia Tengah setidaknya sudah ada sejak tahun 97 SM, ketika jenderal Dinasti Han, Ban Chao, memimpin 70.000 tentara hingga ke Merv. Mereka memburu para bandit yang memangsa kafilah-kafilah Jalur Sutra pada masa-masa awal.

Tiongkok juga telah lama menjalin hubungan dagang dengan Kekaisaran Sassaniyah di Persia, dan juga dengan pendahulunya, bangsa Parthia.