Mitologi Yunani: Kisah Actaeon Melihat Dewi Artemis Mandi Telanjang

By Ricky Jenihansen, Jumat, 20 Oktober 2023 | 13:00 WIB
Actaeon tidak sengaja melihat rombongan Dewi Artemis yang mandi telanjang di hutan. (Tiziano Vecelli/Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Nasib buruk memang tidak bisa dihindari, bahkan dalam mitologi Yunani sekali pun. Seperti yang terjadi pada protagonis muda Actaeon dalam mitologi Yunani, ia tidak sengaja melihat Dewi Artemis mandi telanjang di hutan.

Seperti diketahui, banyak hal buruk yang terjadi selama pandemi. Muncul pertanyaan, mengapa hal-hal buruk terjadi pada orang baik?

Ini adalah pertanyaan yang tampaknya sangat relevan pada masa pandemi. Penyakit tidak membedakan kebajikan. Kemungkinan besar menjatuhkan orang suci sama besarnya dengan menjatuhkan orang berdosa.

Namun bahkan di masa-masa yang lebih normal, masalah ini sering kali kita hadapi. Terlalu mudahnya seseorang berpikir tentang hidup yang terlalu singkat, tentang tindakan kebaikan dan kemurahan hati yang tidak membuahkan hasil.

Dunia bisa menjadi tempat yang dingin dan suram. Mengapa ini terjadi?

Setiap budaya mengembangkan jawabannya sendiri terhadap pertanyaan ini. Bagi orang-orang Yunani dan Romawi kuno, solusi mereka adalah tragedi itu terjadi karena para dewa.

Paling tidak, kita tahu bahwa dewa tidak peduli terhadap umat manusia. Yang paling buruk, dewa ternyata benar-benar kejam.

Sama halnya dengan kisah yang secara sempurna terekam dalam salah satu harta karun Galeri Nasional di London, yaitu “The Death of Actaeon” karya Titian.

Kisah Actaeon adalah salah satu mitologi Yunani-Romawi yang paling populer. Penceritaan kembali yang paling terkenal dilakukan oleh penyair Romawi Ovid dalam epiknya “Metamorphoses.”

Titian hanya memiliki sedikit bahasa Latin. Jadi dia hampir pasti membaca tentang mitologi Yunani ini di salah satu dari banyak terjemahan dan versi ringkasan Ovid yang beredar pada abad ke-16.

Ini adalah mitos yang menunjukkan dengan baik kesadisan para dewa. Actaeon tidak melakukan kejahatan, tapi dia mendapatkan nasib buruk.

Suatu kebetulan yang sangat disayangkan, pada suatu hari saat berburu, dia kebetulan bertemu dengan dewi kuno Diana, yang nama mitologi Yunaninya adalah Dewi Artemis.