Nimfa, para Gadis Muda Penghuni Pohon dan Sungai dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Minggu, 29 Oktober 2023 | 10:00 WIB
Lukisan Hylas dan nimfa. Nimfa adalah para gadis yang menghubuni pohon dan perairan. (John William Waterhouse)

Nationalgeographic.co.id - Nimfa adalah bidadari atau gadis-gadis muda yang awet muda yang menghuni pohon dan melindungi setiap sungai dalam mitologi Yunani. Mereka adalah entitas yang bahkan sudah ada sebelum dewa-dewa Olimpia dan kelahiran manusia.

Tidak semua Nimfa atau bidadari abadi. Beberapa meninggal setelah hidup berabad-abad. Tetap saja, mereka ada di dunia magis antara manusia dan dewa. Nimfa pada umumnya juga tidak berbahaya, tetapi tidak selalu demikian.

Bagi seorang pria, bertemu dengan Nimfa saat sendirian mungkin akan menempatkannya dalam situasi yang berbahaya. Istilah nymphomania berasal dari kata nimfa.

Itu berarti hasrat yang tidak terkendali dalam diri seorang wanita dan berasal dari kepercayaan bahwa beberapa Nimfa akan menyihir pria muda yang tidak bersalah. Pria itu akan disihir menjadi kekasih para Nimfa yang tidak akan pernah melepaskannya.

Nimfa ada dimana-mana di Yunani kuno

Gadis-gadis muda yang anggun ini tidak hanya menghuni sungai, tetapi mereka ditemukan di seluruh alam.

Misalnya saja, setiap pohon di setiap hutan keramat dipercayai sumber kehidupannya berasal dari Nimfa yang tinggal di sana.

Di mana pun orang Yunani menjelajah alam, mereka sadar akan makhluk-makhluk mitologi Yunani ini. Penduduk desa sadar bahwa mereka diawasi, diukur, dan dievaluasi oleh makhluk cerdas yang liar dan tidak dapat diprediksi.

Biasanya, nimfa atau bidadari tidak terlihat, tetapi ribuan orang Yunani di zaman kuno melaporkan melihat mereka. Nimfa sepertinya ada dimana-mana di Yunani kuno.

Mereka memimpin semua fenomena alam, termasuk awan, gua, padang rumput, dan pantai berbatu yang ditemukan di seluruh Yunani.

Mereka merawat semua fauna dan flora di wilayah mereka. Tanaman tumbuh subur di bawah pengawasan mereka dan rusa minum tanpa rasa takut dari mata air mereka.

Sebagai roh alam, mereka dikaitkan dengan beberapa dewa Olimpia, termasuk Zeus, Hermes, Artemis, Poseidon, Demeter, dan Dionysos.