Pontus Mitologi Yunani: Dewa Penguasa Laut Sebelum Poseidon

By Tri Wahyu Prasetyo, Selasa, 31 Oktober 2023 | 10:00 WIB
Pontus adalah dewa laut, salah satu dari Protogenoi atau dewa yang lahir pertama. (Dennis Jarvis/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Dalam mitologi Yunani, Pontus adalah dewa laut purba, yang sering disebut sebagai personifikasi laut itu sendiri. Dia lahir dari Chaos, salah satu entitas pertama di alam semesta.

Tidak banyak cerita yang terkait dengannya seperti halnya beberapa dewa dan tokoh yang lebih menonjol dalam mitologi Yunani. Namun, nama dan konsepnya digunakan dalam berbagai konteks untuk menggambarkan hamparan laut yang luas dan misterius.

Pontus Mitologi Yunani

Pontus adalah dewa laut purba, namun biasanya ia tidak dianggap sebagai dewa utama dalam mitologi Yunani. Pontus adalah salah satu dewa primordial dari generasi pertama.

“Sebelum dewa-dewa Yunani yang dikenal sebagai dewa-dewa Olimpus menguasai Bumi, alam semesta dipenuhi dengan kekuatan misterius di samudra kosmik yang dalam. Mereka mendahului para Dewa dan Titan,” tulis Syed Rafid Kabir, pada laman History Cooperative.

Dalam beberapa sumber, Pontus lahir dari Gaia (yang merupakan personifikasi dari Bumi). Sumber ini tidak lain adalah Hesiod, penyair Yunani yang terkenal. Melalui "Theogony", ia menyebutkan bahwa Pontus lahir dari Gaia tanpa ayah.

Namun, sumber lain, seperti Hyginus, menyebutkan dalam "Fabulae" bahwa Pontus sebenarnya adalah keturunan Aether dan Gaia.  Aether adalah personifikasi dari atmosfer bagian atas di mana cahayanya paling terang.

Meskipun Gaia adalah ibunya dan melahirkannya, Rafid menjelaskan, “Pontus akhirnya berpasangan dengan Gaia dan menghasilkan anak-anaknya sendiri.” 

Anak-anak Pontus kemudian menjadi dewa-dewa penting dalam mitologi Yunani. Beberapa di antaranya bertanggung jawab atas berbagai makhluk laut, dan yang lainnya mengawasi kehidupan laut.

Meskipun tak mencolok seperti dewa laut Poseidon yang lebih terkenal, Pontus jelas memiliki kemampuan untuk berkuasa di lautan.

Pontus bukanlah subjek dari banyak mitos yang terkenal. Namun, fakta bahwa dia adalah dewa primordial sudah cukup. Tanpa Chaos, tidak akan ada Cronus dan Zeus. Tanpa Gaia, tidak akan ada Rhea dan Hera. Dan tanpa Pontus, tidak akan ada Oceanus dan Poseidon.

Pontus dan Poseidon