Demi Masa Depan Bumi, Reeformers Tanam 800 Karang Lagi di Laut Manado

By Utomo Priyambodo, Minggu, 12 November 2023 | 11:41 WIB
Reeformers menanam tambahan 800 bibit karang di lepas Pantai Malalayang, Manado. (Reeformers)

Nationalgeographic.co.id - Reeformers, organisasi nirlaba yang berfokus terhadap kegiatan konservasi kehidupan bawah laut, kembali mengadakan kegiatan penanaman karang di perairan Pantai Malalayang, Manado, pada 7 November 2023. Ini adalah kegiatan transplantasi karang kali ketiga bagi mereka sejak berdirinya organisasi tersebut pada Desember 2021.

Dengan penambahan 800 bibit karang di tahun 2023 ini, total jumlah karang yang telah mereka budi dayakan di Manado adalah 2.560 karang. Dalam kegiatan penanaman karang kali ini mereka melibatkan berbagai pemangku kepentingan terkait, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, swasta, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan Dive Centre yang ada di sekitar Pantai Malalayang.

Kegiatan diikuti oleh seluruh anggota tim Reeformers ditambah delapan orang penyelam yang dua di antaranya adalah penyelam wanita. Selain keberlanjutan laut, kesetaraan gender adalah hal yang diutamakan oleh Reeformers.

Sebanyak 800 bibit karang yang ditanam kali ini ditransplantasikan pada 16 unit media transplantasi vertikal (vertical artificial reef/VAR). VAR ini berbentuk satu pipa vertikal dengan delapan pipa kecil horizontal yang menyerupai formasi batang pohon dengan dahannya.

Pendiri Reeformers Rafael Nicholas Angouw menyatakan bahwa Reeformers berkomitmen untuk menambah jumlah karang yang ditanam setiap tahunnya. Dia menjelaskan bahwa setiap VAR ditanami 50 bibit karang dari satu spesies yang sama karena tujuannya lebih untuk pembibitan.

Sebanyak 800 bibit karang yang ditanam kali ini ditransplantasikan pada 16 unit media transplantasi vertikal (vertical artificial reef/VAR). (Reeformers)

Ada 9 spesies karang berbeda yang ditanam kali ini. Pemilihan 9 spesies ini dilakukan atas dasar kemampuan karang beradaptasi dengan krisis iklim yang tengah terjadi.

Beberapa jenis spesies tersebut adalah Acropora, Porites, Echinopora, Stylophora, dan Seriatopora. Formasi ini akan menjadi sumber indukan karang penghasil bibit karang dalam waktu 3-5 tahun ke depan.

Induk karang yang ditanam kali ini berasal dari Coral Stock Centre BPSPL Makassar milik Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia yang bertempat tidak jauh dari lokasi Reeformers Reef di lepas Pantai Malalayang.

VAR yang menjadi media transplantasi karang ini diberi nama khusus, yaitu “Treeformers”, gabungan dari kata "Tree" dan "Reeformers". Penamaan ini diberikan agar lebih menarik masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam program adopsi karang Reeformers.

Treeformers adalah sebutan untuk susunan bibit karang yang ditanam Reeformers kali ini. (Reeformers)

Adopsi karang adalah program seperti mengadopsi anak atau hewan. Intinya, orang yang mengadopsi karang dari Reeformers ini akan memikul tanggung jawab membiayai kebutuhan perawatan bibit karang itu sejak ditanam hingga karang tersebut bisa tumbuh secara mandiri, atau selama jangka waktu yang disepakati.