Fenghuang, Legenda Burung Phoenix yang Populer dalam Mitologi Tiongkok

By Sysilia Tanhati, Jumat, 24 November 2023 | 08:00 WIB
Fenghuang memiliki konotasi yang sangat positif dalam mitologi Tiongkok. Burung ini menjadi simbol kebajikan dan rahmat yang tinggi. Fenghuang juga melambangkan penyatuan yin dan yang. (Bernard Gagnon)

Nationalgeographic.co.id - Fenghuang, dalam mitologi Tiongkok, adalah seekor burung abadi. Konon kemunculannya yang langka dianggap sebagai pertanda keharmonisan saat kaisar naik takhta.

Seperti Qilin (makhluk mirip unicorn), Fenghuang sering dianggap melambangkan unsur laki-laki dan perempuan, harmoni yin-yang. Namanya merupakan gabungan kata feng yang melambangkan aspek laki-laki dan huang yang melambangkan perempuan.

Penggambaran Fenghuang dalam mitologi Tiongkok

Fenghuang kerap digambarkan sedang menyerang ular dengan cakar dan sayapnya terbentang. Menurut kitab suci Erya, Fenghuang memiliki paruh ayam jantan, wajah burung layang-layang, dahi unggas, leher ular, dan dada angsa. Burung mitologi ini juga memiliki punggung kura-kura, bagian belakang rusa jantan, dan ekor ikan.

“Namun saat ini, Fenghuang digambarkan sebagai gabungan dari banyak burung,” tulis Virginia Gorlinski di laman Britannica. Misalnya memiliki kepala burung pegar emas, dan tubuh bebek mandarin. Sedangkan ekornya adalah ekor burung merak, kaki burung bangau, mulut burung beo, dan sayap burung layang-layang.

Tubuhnya melambangkan enam benda langit. Kepala adalah langit, mata adalah matahari, punggung adalah bulan, sayap adalah angin, kaki adalah bumi, dan ekor adalah planet. Bulunya mengandung lima warna dasar: hitam, putih, merah, biru dan kuning. Kadang-kadang juga digambarkan memiliki tiga kaki.

Fenghuang: simbol keberuntungan dalam mitologi Tiongkok

Gambar Fenghuang telah muncul di Tiongkok selama lebih dari 4.000 tahun. Yang paling awal adalah motif tembikar Dinasti Shang, kemudian muncul dekorasi perunggu, serta patung batu giok.

Beberapa orang percaya bahwa Fenghuang mungkin adalah totem keberuntungan suku timur di Tiongkok kuno. Teori-teori yang ada saat ini menunjukkan bahwa hal ini kemungkinan besar didasarkan pada sebagian ingatan masyarakat tentang Burung Unta Asia. Burung unta itu umum ditemukan di Tiongkok prasejarah, tetapi punah beberapa ribu tahun yang lalu.

Seiring berjalannya waktu, Fenghuang menjadi salah satu makhluk keberuntungan paling populer di Tiongkok. Hingga kini, gambar Fenghuang digunakan dalam seni, puisi, nama, kostum, hingga pernikahan tradisional Tiongkok. (Tokyo National Museum)

Fenghuang sepertinya tidak ada hubungannya dengan burung phoenix dunia Barat, yang berasal dari mitologi Mesir. Khususnya, burung phoenix Mesir mungkin juga merujuk pada burung prasejarah, Bennu Heron. Berbeda dengan Fenghuang, yang tidak mirip dengan burung mana pun yang masih ada, burung phoenix Mesir paling sering dianggap mirip dengan bangau atau elang.

Selama Dinasti Han dua burung phoenix, yang satu jantan dan yang lainnya betina, sering ditampilkan bersama-sama saling berhadapan. Kemudian, pada masa Dinasti Yuan, kedua istilah tersebut digabungkan menjadi burung phoenix secara umum. Phoenix dan naga menjadi simbol permaisuri dan kaisar di Kekaisaran Tiongkok.