Kisah Nyata di Balik Petualangan Jason dan Bulu Emas Mitologi Yunani

By Tri Wahyu Prasetyo, Minggu, 3 Desember 2023 | 09:03 WIB
Sampul buku kisah mitologi (Bradford Museums)

Nationalgeographic.co.id—Petualangan para Argonaut dan Pencarian Bulu Emas merupakan salah satu kisah paling terkanal dan menarik dari mitologi Yunani kuno. Narasi epik ini berlangsung pada era sebelum Perang Troya berlangsung.

“Pencarian Bulu Emas menyatukan sekelompok individu yang luar biasa dalam perjalanan berbahaya melintasi lautan, penuh dengan makhluk mitos, tantangan yang menakutkan,” tulis Doktor John Black campur, pada laman Ancient Origins

Campur tangan ilahi, lanjut John, “menjadikan kisah kepahlawanan dan keberanian yang benar-benar luar biasa dan tak lekang oleh waktu.”

Kisah Jason dan Bulu Emas yang Terkenal dalam Mitologi Yunani

Jason adalah putra Aeson, keturunan dewa Aeolus dan pewaris sah takhta Iolcus. Istrinya kelak adalah penyihir terkenal Medea, putri Raja Aeetes dari Colchis–di mana Bulu Emas berada.

Kisah Jason dan Bulu Emas dimulai ketika Pelias merebut takhta Aeson (ayah Jason). tak hanya itu, Pelias juga mengurung Aeson  di ruang bawah tanah Iolcus. 

Karena tindakannya yang keliru, Pelias menerima peringatan dari seorang peramal bahwa keturunan Aeson akan membalas dendam.

Saat Aeson masih berada di penjara bawah tanah, dia berhasil menikah dan memiliki anak. Jason sebagai salah satu keturunannya. Pelias memiliki keyakinan bahwa Jason adalah orang yang dinubuatkan oleh peramal untuk membalaskan dendamnya.

Oleh karena hal itu, ia memerintahkan Jason untuk memulai misi yang mustahil, di mana ia percaya dan berharap Jason akan dibunuh. Misi ini meliputi pengambilan Bulu Emas dari tanah Colchis yang jauh.

Bulu Emas konon diciptakan dari kulit domba jantan bersayap. Dalam mitologi Yunani, John menjelaskan, domba jantan suci dengan bulu emas memainkan peran penting dalam salah satu kisah Zeus, “… ia menggunakannya untuk menyelamatkan Phrixus dan Helle, anak-anak Raja Athamas.”

Bulu Emas disimpan di kuil Ares (Mars), Dewa Perang, dan seekor naga–yang begitu besar hingga dapat mengelilingi kapal dengan tubuhnya–ditugaskan untuk menjaganya setiap saat.

Bulu Emas inilah yang kemudian menjadi objek utama dari petualangan legendaris yang dilakukan oleh Jason dan para Argonaut untuk.