Minahasa Wakefest 2023 Rampung, Potensi Wisata Olahraga Air di Danau Tondano Merekah

By Yussy Maulia, Senin, 4 Desember 2023 | 16:05 WIB
Seorang warga melakukan olahraga air wakeboarding di Danau Tondano. (Dok. National Geographic Indonesia/Donny Fernando)

Nationalgeographic.co.id – Minahasa Wakefest 2023 telah membawa angin segar bagi wisata olahraga air di Minahasa, khususnya Danau Tondano.

Sebagai informasi, Danau Tondano yang terletak di Sulawesi Utara (Sulut) dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Minahasa Wakefest 2023 yang digelar pada Jumat (24/11/2023) hingga Minggu (26/11/2023).

Kompetisi olahraga air berskala internasional yang bertema "Lake Tondano, Home for Everyone" tersebut mempertandingkan wakesurfing dan wakeboarding, serta diikuti oleh tujuh negara, termasuk Indonesia.

Danau Tondano pun rupanya telah dijadikan tempat berlatih wakeboarding sejak 20 tahun silam. Hal ini dikatakan oleh Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Minahasa Sizzy Matindas.

Baca Juga: Selain Potensi Wisata, Danau Tondano Tempat Pelaksanaan Minahasa Wakefest 2023 Juga Punya Fungsi Ekologis

“Dulu, latihan dilakukan bergantian di pantai dan danau. Tapi, (kegiatan latihan itu) hilang begitu saja. Jadi, selama sekian tahun, orang-orang tidak tahu kalau pernah ada (olahraga) ski air di Danau Tondano,” cerita Sizzy.

Ada alasan mengapa Danau Tondano tepat untuk dijadikan lokasi menikmati olahraga air. Permukaan air danau cenderung tenang. Ini karena Danau Tondano diapit oleh pegunungan sehingga angin yang berembus tidak terlalu kencang.

Soal kedalaman, Danau Tondano terus mengalami sedimentasi yang terakumulasi setiap tahun. Tiga puluh tahun yang lalu, danau ini memiliki kedalaman 30 meter. Kini, kedalamannya sekitar 13,5 meter saja, sehingga relatif aman bagi wisatawan yang ingin bermain-main di perairan. 

Selain di permukaan danau, olahraga lain juga dapat dilakukan di sekitar danau ditemani pemandangan alam yang indah. Oleh karena itu, Danau Tondano menjadi destinasi sport tourism yang menarik. 

Baca Juga: Minahasa Wakefest 2023 Berhasil Bangkitkan Olahraga Air di Danau Tondano

Berikut beberapa rekomendasi aktivitas seru yang dapat dilakukan ketika mengunjungi Danau Tondano.

  1. Wakeboarding

Bagi penggemar olahraga pemacu adrenalin, ada cara seru untuk menikmati keindahan alam Danau Tondano, yaitu berkeliling danau menggunakan wakeboard.