Mungkinkah Atlantis dalam Mitologi Yunani Berasal dari Kisah Nyata?

By Ricky Jenihansen, Jumat, 22 Desember 2023 | 11:00 WIB
Atlantis yang terkenal dalam mitologi Yunani diyakini berasal dari kisah nyata. (Creative Commons)

Nationalgeographic.co.id—Atlantis yang terkenal dalam mitologi Yunani telah menyibukkan para peneliti selama berabad-abad dalam pencarian tanpa batas. Pencarian Atlantis, peradaban yang perkasa telah menempatkan kemungkinan bahwa Atlantis berasal dari kisah nyata.

Ada yang meyakininya berada di Laut Aegea, ada yang di Laut Tyrrhenian, dan ada pula yang di Samudera Atlantik. Namun menurut rincian yang disajikan dalam kisah paling awal dari mitologi Yunani, mungkinkah Atlantis adalah kisah nyata?

Mungkin satu-satunya petunjuk yang paling banyak dibicarakan dan kontroversial mengenai lokasi Atlantis adalah deskripsi Plato tentang lokasinya di luar Pilar Hercules.

Ini sepertinya merupakan detail geografis yang sangat membantu. Namun masalahnya, dimanakah Pilar Hercules itu?

Secara tradisional, Pilar Hercules dalam mitologi Yunani ditempatkan di Selat Gibraltar. Kadang-kadang diidentikkan dengan dua gunung di kedua sisi selat itu.

Sedangkan di waktu lain mereka diartikan sebagai dua pilar literal di Semenanjung Iberia. Bagaimanapun, Atlantis yang terletak di luar Pilar Hercules berarti bahwa ia pasti berada di Samudera Atlantik.

Faktanya, pulau Atlantis diduga terletak ‘di depan selat yang disebut Pilar Heracles.’ Oleh karena itu, ini akan menempatkan Atlantis di Samudera Atlantik tetapi dekat pintu masuk ke Mediterania.

Meskipun hal ini tampaknya cukup mudah untuk diyakini sebagai kisah nyata, tapi sebenarnya ada beberapa masalah besar.

Salah satu alasannya adalah adanya bukti yang jelas bahwa orang Yunani kadang-kadang menerapkan ungkapan 'Pilar Hercules' ke lokasi lain. Misalnya, terkadang mereka menggunakannya untuk menyebut pintu masuk Laut Hitam.

Faktanya, analisis terhadap semua bukti yang ada menunjukkan bahwa orang Yunani menggunakan ‘Pilar Hercules’ untuk merujuk pada batas geografis.

Kadang-kadang, batasan yang dimaksud adalah batasan pengetahuan geografis Yunani pada saat itu.

Mengingat bukti yang jelas bahwa terdapat ‘Pilar Hercules’ di sebelah timur dan barat, masuk akal jika ungkapan ini mungkin juga digunakan untuk merujuk pada batas utara dan selatan.