Sepuluh Tradisi Perayaan Tahun Baru Paling Aneh dari Berbagai Negara

By Utomo Priyambodo, Rabu, 27 Desember 2023 | 14:00 WIB
Ilustrasi perayaan Malam Tahun Baru. (Derek French/Pexels)

Nationalgeographic.co.id—Budaya yang berbeda dan negara yang berbeda merayakan festival dengan cara unik masing-masing. Begitu pula dengan merayakan Tahun Baru.

Ada yang merayakannya dengan menghancurkan barang pecah belah, ada pula yang percaya pada pakaian dalam bisa meramal tahun depan. Menjelang Tahun Baru, berikut 10 tradisi perayaan Malam Tahun Baru paling aneh dan tidak biasa dari seluruh dunia.

1. Benda Bulat – Filipina

Di Filipina, Tahun Baru adalah tentang uang. Berharap untuk membawa kemakmuran dan kekayaan di tahun depan, masyarakat Filipina percaya untuk mengelilingi diri mereka dengan benda-benda bulat (untuk melambangkan koin dan kekayaan).

Oleh karena itu, mereka mengonsumsi buah anggur; menyimpan koin (disimpan di saku dan terus-menerus bergemerincing), mengenakan pakaian bermotif polkadot, dan lain-lain. Semua ini untuk menjaga agar uang tetap mengalir.

2. 108 Lonceng – Jepang

Tahun Baru Jepang atau Oshogatsu disambut pada tengah malam dengan 108 lonceng di Kuil Buddha (di seluruh Jepang) untuk menghilangkan 108 nafsu jahat yang dimiliki semua manusia. Orang Jepang percaya bahwa bunyi lonceng ini akan membersihkan mereka dari dosa-dosa tahun sebelumnya.

Biasanya tradisi membunyikan lonceng sebanyak 107 kali pada hari terakhir tahun, Adapun bunyi lonceng ke-108 kali baru dibunyikan pada Tahun Baru.

3. Pembakaran Orang-orangan Sawah – Ekuador

Di Ekuador, masyarakat membuat patung politisi, bintang pop, atau tokoh terkenal lainnya (disebut año viejo) yang menyerupai orang-orangan sawah. Pakaian bekas diisi dengan koran atau serbuk gergaji dan dipasang topeng di atasnya.

Dan sebagai pembersihan simbolis, patung-patung ini dibakar pada tengah malam pada Malam Tahun Baru. Tradisi Ekuador ini konon bisa mengusir segala nasib buruk yang menimpa setahun terakhir.

4. Kenakan Pakaian Dalam Berwarna-warni – Amerika Latin