Zephyrus, Pembawa Musim Semi yang Kerap Dinanti dalam Mitologi Yunani

By Sysilia Tanhati, Rabu, 27 Desember 2023 | 17:00 WIB
Zephyrus adalah dewa angin barat dalam mitologi Yunani. Sebagai pembawa musim semi, kedatangannya selalu dinantikan oleh banyak orang. (Sandro Botticelli)

Nationalgeographic.co.id—Zephyrus adalah dewa angin barat dan pembawa pesan musim semi dalam mitologi Yunani. Dia dikenal sebagai salah satu dari empat Anemoi, atau dewa angin. Selain Eurus, setiap dewa angin masing-masing mewakili arah mata angin dan musim. Zephyrus sering dianggap sebagai yang paling lembut dari keempatnya, meskipun ia memiliki kemampuan untuk cemburu.

Dalam mitologi Yunani, Zephyrus bisa menjadi penolong sekaligus pendendam. Sebagai pembawa musim semi, ia sering dipandang baik oleh para penulis. Mereka menulis tentang angin barat yang manis. Sang dewa angin barat memiliki tiga istri yang berbeda, tergantung pada ceritanya. Ia memiliki keturunan dari masing-masing istri, termasuk Balius dan Xanthus, kuda abadi yang menarik kereta Achilles selama Perang Troya.

Zephyrus sering digambarkan dalam seni klasik sebagai pemuda tampan dan bersayap. Zephyrus juga dikenal dengan nama Inggris Zephyr dan nama rekan Romawinya Favonius.

Anemoi dalam mitologi Yunani

Sebagai dewa angin barat, Zephyrus adalah salah satu dari empat Anemoi atau dewa angin. Setiap Anemoi dikaitkan dengan salah satu arah mata angin dari mana angin mereka bertiup.

Masing-masing juga sering dianggap berasal dari musim atau kondisi cuaca tertentu. Menurut Theogony karya Hesiod, empat pemimpin Anemoi adalah anak dari dua Titan generasi kedua, Astraeus, dewa senja, dan Eos, dewi fajar. Dalam Odyssey karya Homer, Anemoi tunduk pada Aeolus, penjaga angin. Tiga Anemoi lainnya adalah Boreas di angin utara, Notus di selatan, dan Eurus di timur.

Kepribadian, istri, dan keturunan Zephyrus dalam mitologi Yunani

Dalam mitologi Yunani, Zephyrus sering dikisahkah tinggal bersama saudaranya Boreas di sebuah istana di Thrace. Kadang-kadang mereka dikatakan tinggal di sebuah gua.

Berbeda dengan Boreas yang memiliki temperamen keras dan kekuatan besar, Zephyrus adalah yang paling lembut dari semua Anemoi. Ia dikenal sebagai pembawa pesan musim semi dan awal musim panas.

Dalam Georgics, Virgil menulis, “Atas seruan Zephyrus, musim panas yang menggembirakan mengirim domba dan kambing ke padang rumput dan padang rumput.”

Dalam Phaedra, Seneca menyinggung soal kemampuan Zephyrus untuk memunculkan musim dengan napasnya. “Di mana terdapat padang rumput yang ditenangkan Zephyrus dengan napasnya yang penuh embun dan memunculkan tumbuh-tumbuhan di musim semi.”

Dalam kapasitasnya sebagai angin barat, Zephyrus digambarkan sebagai angin yang ringan dan paling baik. Meskipun demikian, dia memiliki kekuatan tersembunyi yang dicatat oleh Homer dalam Odyssey. Homer menyebutnya sebagai "Zephyrus yang penuh badai". Hal ini juga kadang-kadang tercermin dalam kepribadiannya. Dalam kisah Hyacinthus, Zephyrus digambarkan sebagai sosok yang cemburu dan pendendam, seorang kekasih yang dicemooh.