Menilik Praktik Mengajar Aristoteles, Filsuf Berpengaruh Sejarah Dunia

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 31 Desember 2023 | 16:00 WIB
Praktik mengajar Aristoteles dalam sejarah Yunani kuno masih berpengaruh hingga di zaman modern. (Met Museum)

Nationalgeographic.co.id—Dalam sejarah dunia, Aristoteles adalah filsuf Yunani kuno terkenal yang sangat mempengaruhi dunia filsafat, sains, dan logika. Ia dianggap sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah pemikiran Barat. 

Karya-karyanya sangat penting dalam mengembangkan metafisika , etika, politik, biologi dan estetika dalam sejarah dunia. Selain itu, ia terkenal menulis tentang topik-topik seperti filsafat alam, logika, dan retorika yang dipelajari secara ekstensif oleh banyak filsuf kemudian.

Aristoteles lahir pada tahun 384 SM di keluarga seorang dokter, yang mungkin menjadi alasan mengapa karya-karyanya di masa depan juga berfokus pada fisiologi dan anatomi. Pada usia 15, ia menjadi yatim piatu, dan pamannya, yang mengasuh anak laki-laki itu, bercerita tentang guru yang sudah terkenal pada saat itu— Plato di Athena.

Pada usia 18 tahun, Aristoteles secara mandiri mencapai Athena dan memasuki akademi Plato, yang telah menjadi pengagumnya selama tiga tahun. Karena bakat dan keberhasilannya dalam kegiatan ilmiah, Aristoteles diberi posisi mengajar di akademi.

Pada tahun 347 SM, setelah kematian Plato, Aristoteles pindah ke kota Assos. Lima tahun kemudian, Raja Makedonia Philip mengundang filsuf tersebut untuk mendidik putranya Alexander.

Philip meninggal pada tahun 339 SM. Ahli warisnya tidak lagi membutuhkan pelajaran, sehingga Aristoteles kembali ke Athena, yang sekarang menjadi sarjana populer dan terkenal.

Dari segi kontribusi, Aristoteles memainkan peran penting dalam mengembangkan zoologi dan anatomi melalui berbagai metode penelitian. Dia memperoleh pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa pada bidang-bidang seperti zoologi dengan menciptakan sistem klasifikasi hewan yang memperhitungkan ciri-ciri fisik dan kebiasaan. 

Selain menerima pujian karena telah merevolusi taktik militer pada saat itu dalam sejarah dunia, prestasi luar biasa lainnya yang dicapai Aristoteles adalah mewariskan pengetahuan ini kepada Alexander Agung. Kontribusinya terhadap strategi militer telah dipuji sepanjang waktu, sehingga ia dikenal sebagai ahli strategi yang brilian.

Aristoteles Murid Plato

Aristoteles, seorang filsuf Yunani kuno terkenal berpengaruh dalam sejarah dunia. (Wikimedia Commons)

Satu fakta penting yang telah disebutkan adalah bahwa Aristoteles adalah murid Plato dan secara luas dianggap sebagai muridnya yang paling termasyhur.

Plato adalah seorang filsuf Yunani kuno yang merupakan salah satu pemikir terkemuka dalam filsafat Barat, meletakkan dasar bagi banyak bidang seperti epistemologi, metafisika, dan teori politik melalui berbagai dialog dan karya lainnya.