Teka-teki Sosok di Balik Pembangunan Piramida Sejarah Mesir Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 12 Januari 2024 | 13:00 WIB
Beberapa orang percaya bahwa piramida sejarah Mesir kuno dibangun oleh para budak. (Nina Aldin/ Creative Commons)

 

Nationalgeographic.co.id—Mesir selalu dikenal sebagai salah satu negara pertama yang memunculkan peradaban. Piramida, sebuah struktur penting yang memberikan gambaran sekilas tentang masa lalu sejarah Mesir kuno yang kaya.

Beberapa orang percaya bahwa piramida dibangun oleh para budak, sementara yang lain berpendapat sebaliknya.

Selama bertahun-tahun, piramida ini telah menarik banyak kekaguman dan ketertarikan dari orang-orang di seluruh dunia. Selama berabad-abad, piramida tetap menjadi yang terakhir dari tujuh keajaiban dunia.

Piramida tersebut kemungkinan besar dibangun untuk tujuan keagamaan karena orang Mesir menganggap kehidupan setelah kematian sebagai bagian dari agama mereka. 

Oleh karena itu, piramida dibangun sebagai monumen para firaun dalam sejarah Mesir kuno. Tidak hanya itu, di dalamnya terdapat semua barang dan harta yang mungkin mereka perlukan untuk bertahan hidup di akhirat.

Piramida terkenal yang ditemukan di Mesir antara lain Piramida Besar Gaza, Piramida Khafre, Piramida Menkaure, Piramida Djoser, Piramida Bengkok, Piramida Meidium, Piramida Unas, dan masih banyak lainnya. Namun, piramida Mesir yang paling terkenal ditemukan di Giza, di pinggiran Kairo.

Giza menampilkan struktur piramida terbesar dan paling terkenal di dunia di tepi barat Sungai Nil, tepat di barat daya Kairo.

Kompleks piramida Giza terdiri dari tiga piramida: Piramida Besar, piramida Khafre, dan Menkaure. Piramida yang dibangun pada awal abad ke-26 SM ini merupakan satu-satunya bangunan yang masih bertahan dari tujuh keajaiban dunia.

Piramida besar ini dibangun untuk Firaun Khufu yang memerintah selama 23 tahun (2589-2566 SM). Ia adalah penguasa kedua dari delapan penguasa dinasti keempat, dan di luar kemegahan piramidanya, hanya sedikit yang diketahui mengenai masa pemerintahannya. 

Diperkirakan sisi-sisi piramida memiliki panjang 230 meter, sedangkan tingginya mencapai 147 meter, menjadikannya piramida terbesar di dunia.

Namun, bagaimana piramida ini dibangun masih menjadi misteri yang tidak dapat diungkap oleh kebanyakan orang dan arkeolog selama bertahun-tahun.

Siapa yang Membangun Piramida?