Dewa Mitologi Yunani Paling Gila: Hera Celakai Semua Selingkuhan Zeus

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 16 Januari 2024 | 17:00 WIB
Hera adalah dewi pernikahan dalam mitologi Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Ketika berbicara tentang mitologi Yunani, beberapa cerita yang ditemukan cukup aneh bahkan terkesan ‘gila’. Seperti Zeus yang mempunyai banyak selingkuhan hingga Hera yang nekat menyelakai semua selingkuhan Zeus.

Selain, Zeus dan Hera terdapat dewa mitologi Yunani lainnya yang mempunyai kisah 'gila', siapa saja mereka?

Hera

Hera adalah dewi pernikahan dalam mitologi Yunani kuno. Dia merupakan putri Cronus dan Rhea. Hera juga salah satu dari tujuh istri Zeus.

Hera sangat cemburu ketika Zeus selalu berselingkuh. Zeus mempunyai kekasih lain bernama Semele, dia adalah wanita fana.

Selain itu, Hera juga memaksa kekasih Zeus lainnya, Leto (dewi kesuburan) untuk berjalan di bumi dalam keadaan hamil, melarang siapa pun menawarkan bantuannya. Hera juga mengirim monster ke Leto untuk menyerang dan menyiksanya serta memperpanjang rasa sakit saat kehamilannya.

Kemarahan Hera yang paling terkenal adalah anak tirinya, Hercules. Hercules adalah anak Zeus dan seorang wanita fana bernama Alcmene. Hera membuat kehidupan Hercules menderita dengan 12 tugas pekerjannnya. Dia juga mengirim kegilaan pada Hercules hingga membunuh istrinya, Megara. 

Pan

Pan adalah dewa alam liar, penggembala, dan pendamping para nimfa di mitologi Yunani kuno. Dia adalah dewa berwujud manusia setengah kambing.

Kekuatan istimewanya mencakup kekuatan, kecepatan, dan stamina yang luar biasa. Dia tidak bisa terluka. Pan bisa berteleportasi melintasi ruang dan waktu.

Meski begitu, Pan tetap malas dan kesal jika terbangun dari tidur siangnya. Asal muasal seruling Pan adalah ia jatuh cinta pada salah satu peri air, Syrinx. Dia mencoba mengelabui dengan menampilkan dirinya sebagai buluh untuk mengamatinya lebih dekat. Pan mencoba meniup buluh itu, mengantisipasi suara seruling.