Athena Jarang Bersalju, Bagaimana Deskripsi Salju di Mitologi Yunani?

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 27 Januari 2024 | 09:00 WIB
Mitologi Yunani mendeskripsikan salju sebagai beban hidup dan tidak menyenangkan. (The Archeologist)

Nationalgeographic.co.id—Athena, ibukota Yunani modern saat ini adalah wilayah 4 musim yang jarang turun salju. Hal serupa juga terjadi pada banyak wilayah Yunani Kuno. Lantas bagaimana mitologi Yunani mendeskripsikan salju?

Seperti diketahui, di banyak belahan dunia, musim dingin merupakan musim yang mendatangkan salju. Meskipun seperti ini lebih jarang terjadi di Yunani dibandingkan di Eropa utara.

Meski cuaca seperti ini memang terjadi, terutama di pegunungan. Orang-orang Yunani kuno mengetahui tentang salju.

Homer menggunakannya sebagai dasar untuk beberapa metafora dan perumpamaan dalam puisi epiknya.

Jadi, apa sebenarnya pendapat orang Yunani tentang hal itu? Ternyata, terdapat berbagai kisah mitologi Yunani terkait salju, seperti asal usul dan penyebabnya.

Ada juga komentar dari para ilmuwan Yunani kuno tentang subjek ini.

Apakah orang Yunani kuno menyukai salju?Referensi Homer tentang salju dalam puisi epiknya mengungkapkan bagaimana orang Yunani pada umumnya memandang salju.

Dalam Odyssey, terdapat deskripsi Dataran Elysian, yang merupakan kehidupan setelah kematian dalam mitologi Yunani yang diperuntukkan bagi mereka yang mendapat persetujuan para dewa.

Itu dimaksudkan untuk menjadi semacam surga. Homer mendeskripsikannya sebagai “tempat hidup paling mudah bagi pria. Tidak ada salju di sana, tidak ada badai besar, atau hujan.”

Oleh karena itu, salju dideskripsikan sebagai beban hidup dan tidak menyenangkan, bukan sesuatu yang bisa dinikmati. Hal ini dipandang sebagai ketidaknyamanan dalam kehidupan sehari-hari seperti badai atau hujan.

Namun apakah komentar Homer mencerminkan pandangan sebagian besar orang Yunani yang hidup pada masa itu? Kita tidak dapat memastikannya.

Namun, jelas bahwa siapa pun yang terlibat dalam kampanye militer akan menganggap buruk salju.