Inilah Kisah Hidup Medusa Sebelum Dikutuk di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 29 Januari 2024 | 09:00 WIB
Poseidon merudapaksa Medusa di kuil Athena dalam mitologi Yunani kuno. (The Collector)

Nationalgeographic.co.idMedusa adalah salah satu makhluk paling terkenal dalam mitologi Yunani. Diyakini bahwa Medusa pernah menjadi manusia biasa, tetapi sebuah kesalahan mengubahnya menjadi gorgon yang mengerikan.

Siapa sebenarnya Medusa sebelum dia berubah menjadi monster seperti sekarang ini?

Medusa pernah menjadi salah satu dari tiga saudara perempuan Gorgon, yang lahir dari Dewa primordial Phorcys dan Keto.

Keluarganya dianggap sangat mengerikan namun Medusa diberkahi dengan kecantikan hingga kesalahan malangnya memaksa Athena untuk menghukumnya. 

Sulit dipercaya jika seseorang sebesar Medusa pernah menjadi makhluk fana yang cantik. Gorgon dianggap diberkati di antara kaumnya sampai tragedi menimpanya dan mengubah hidupnya selamanya.

Kisah Tragis Medusa di Mitologi Yunani Kuno

Medusa adalah manusia cantik yang lahir dalam keluarga saudara kandung yang mengerikan. Dia umumnya dipuji karena keindahan rambutnya.

Dia begitu cantik bahkan dewa laut, Poseidon, jatuh cinta padanya dan memutuskan untuk memikatnya ke kuil Athena. Di sana, dia diperkosa dan dihamili oleh dewa tepat sehingga menimbulkan murka Athena.

Alih-alih menyalahkan Poseidon yang memperkosa gadis itu, Athena menghukum Medusa karena memamerkan dirinya secara tidak senonoh di kuil sucinya.

Saat itulah rambut Medusa berubah menjadi ular dan makhluk fana yang dulunya cantik berubah menjadi monster yang kita kenal sekarang.

Di sinilah kisah Perseus muncul ketika Polydectes, Raja Seriphos, mencoba menyingkirkannya dengan memintanya untuk mengambil kepala Medusa.