Selidik Shinobi Fuma Kotaro, sang Legenda dari Kekaisaran Jepang

By Tri Wahyu Prasetyo, Rabu, 21 Februari 2024 | 11:00 WIB
Di Kekaisaran Jepang, Shinobi atau ninja seringkali bekerja sebagai mata-mata, penyabot, hingga pembakar. Dalam catatan sejarah, terdapat beberapa kelompok shinobi yang pernah hidup, salah satunya adalah kelompok Fuma. (Utagawa Kunisada)

Nationalgeographic.co.id—Fuma Kotaro adalah seorang shinobi terkenal yang hidup pada periode Sengoku Jepang. Dia memimpin kelompok shinobi yang dikenal sebagai kelompok Fuma. Konon, samurai dan shinobi termasyur, Hattori Hanzo, berkahir di tangan kelompok ini.

Seperti halnya shinobi Kekaisaran Jepang lainnya, tak banyak sumber yang memberikan informasi mengenai Fuma. Mereka beroperasi dengan sangat sunyi dan rahasia. 

Di sisi lain, misteri yang menyelimuti dunia shinobi, justru membuat banyak orang semakin terpesona dengannya.

Kelompok Fuma

Fuma merupakan kelompok shinobi yang beroperasi selama periode Sengoku (abad ke-15 hingga ke-17). Menurut sejarawan Shawn Cantrell, kelompok ini memiliki setidaknya dua ratus anggota pada masa jayanya.

Mereka beroperasi di wilayah Kanagawa di Kanto di bawah perintah klan Hojo, sebuah klan yang mengklaim wilayah yang baik di Jepang setelah kematian pemersatu besar, Oda Nobunaga.

“Kelompok Fuma Kotaro lebih seperti organisasi kriminal, dan sebagian besar terdiri dari para penjahat, seperti bandit dan pencuri,” kata Shawn, dalam tulisanya di The Sengoku Archives.

Kelompok Fuma memiliki reputasi sebagai ahli dalam spionase, penyamaran, dan taktik-taktik sabotase.Namun yang membuatnya menonjol adalah taktik mereka dalam perang gerilya.

Mereka juga dikenal memiliki gaya bertempur yang berbeda dengan shinobi pada umumnya. Sambil berpura-pura melarikan diri, mereka akan menyerang musuh dengan cara tak terduga– terkadang memikat musuh ke dalam jebakan.

Tak hanya piawai dalam mengayunkan pedang, pasukan Fuma juga terlatih dalam menunggang kuda. Mereka terkadang menyerang para korbanya melalui sisi yang tak terduga dengan menunggang kuda–melakukannya dengan sangat cepat.

Fuma Kotaro

Penggambaran Fuma Kotaro dalam budaya populer. (Via The Sengoku Archives)