Ketika Alat Tenun Mengubah Sejarah Dunia Melalui Kreasi Kain Pakaian

By Wawan Setiawan, Rabu, 21 Februari 2024 | 16:18 WIB
Seorang wanita sedang menenun dengan alat tenun tradisional. Keberadaan alat tenun telah mencatat sejarah dunia bagi peradaban manusia di balik kreasi, tekstur, dan corak pakaian. (Zika Zakiya/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Saat ini, sejarah dunia peradaban manusia berkembang begitu pesatnya. Teknologi dan mesin-mesin canggih pun mulai tercipta tanpa henti. Namun, pernahkah Anda berpikir, bagaimana manusia awal dapat bertahan hidup jauh sebelum pakaian dibuat?

Kita tahu, orang-orang paling awal tidak memakai pakaian berbahan katun atau wol karena mereka tidak memiliki inovasi ataupun teknologi untuk memintal serat kapas atau bahkan menenun teksturnya.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Homo sapiens paling awal menggunakan kulit beruang sebagai pakaian untuk membantu mereka tetap nyaman di musim dingin yang keras.

Sedangkan proses menenun dan memintal pertama kali digunakan pada zaman Paleolitikum Atas (50.000 hingga 12.000 SM), dan yang mengejutkan, alat tersebut sangat sederhana.

Alat tenun, adalah mesin untuk menenun kain. Alat tenun yang paling awal terdiri dari batang-batang atau balok-balok yang dipasang pada tempatnya untuk membentuk suatu rangka yang menahan sejumlah benang paralel dalam dua set, bergantian satu sama lain.

Benang tenun tersebar di seluruh dunia dari Tiongkok hingga Kolombia, dan berasal dari Mesir Kuno pada tahun 4400 SM. Selama berabad-abad, alat tenun berevolusi menjadi raksasa dari semua kreasi kain. Pada tahun 700 M, alat tenun horizontal dan vertikal ditemukan di Asia, Afrika, dan Eropa.

Menurut para sejarawan, diperkirakan bahwa kebangkitan masyarakat agraris mengawali munculnya gagasan tentang kesopanan, atau penutup organ seksual. Di sinilah manusia mulai berpikir untuk mengenakan pakaian. Sebelum masyarakat agraris terbentuk, laki-laki dan perempuan hidup dalam kelompok kecil dan bersifat nomaden.

Alat tenun telah menjadi alat penting dalam peradaban manusia selama ribuan tahun, yang membentuk cara kita berpakaian, melengkapi rumah, dan mengekspresikan diri secara artistik.

Alat tenun juga telah memfasilitasi produksi tekstil yang memiliki tujuan fungsional dan membawa serta makna budaya. Jadi, jika Anda tertarik dengan dunia tenun yang dinamis dan ingin tahu tentang peran alat tenun sepanjang sejarah dunia, Anda sudah bisa menikmatinya saat ini.

Pengoperasian dasar alat tenun tetap tidak berubah, namun serangkaian perbaikan yang panjang dilakukan sejak zaman kuno dan abad pertengahan di Asia dan Eropa.

Dari alat tenun tangan kuno hingga alat tenun bertenaga listrik yang revolusioner, perangkat canggih ini terus berevolusi untuk mengimbangi tuntutan produksi tekstil yang terus berubah. Berikut ini adalah perjalanan sejarah alat tenun di dunia:

Alat Tenun Tangan Kuno