Lucretia dan Kejadian Nahas yang Mengubah Sejarah Romawi Kuno

By Sysilia Tanhati, Kamis, 29 Februari 2024 | 15:00 WIB
Lucretia merupakan salah satu pahlawan wanita legendaris dalam sejarah Romawi kuno. Kejadian nahas yang menimpanya kemudian memicu revolusi di Romawi. (Sandro Botticelli)

Nationalgeographic.co.idLucretia merupakan salah satu pahlawan wanita legendaris dalam sejarah Romawi kuno. “Menurut tradisi, dia adalah istri bangsawan Lucius Tarquinius Collatinus yang cantik dan berbudi luhur,” tulis Virginia Gorlinski di laman Britannica.

Tragedinya dimulai ketika dia dirudapaksa oleh Sextus Tarquinius, putra Lucius Tarquinius Superbus, raja Roma yang kejam dari Etruria.

Rudapaksa terhadap wanita bangsawan Romawi Lucretia oleh Tarquinius, raja Roma, tersebut pun memengaruhi sejarah Romawi.

Diikuti oleh bunuh diri, kejadian memilukan ini dianggap menginspirasi pemberontakan melawan keluarga Tarquin oleh Lucius Junius Brutus yang mengarah pada berdirinya Republik Romawi.

Bangsa Galia menghancurkan catatan Romawi pada tahun 390 SM, sehingga semua catatan pada masa itu dimusnahkan. Cerita-cerita dari masa sebelum itu cenderung lebih merupakan legenda alih-alih sejarah Romawi.

Legenda Lucretia dilaporkan oleh Livy dalam sejarah Romawinya. Dalam ceritanya, dia adalah putri dari Spurius Lucretius Tricipitinus, saudara perempuan Publius Lucretius Tricipitinus. Ia adalah keponakan Lucius Junius Brutus dan istri Lucius Tarquinius Collatinus (Conlatinus) yang merupakan putra Egerius.

Kisahnya juga diceritakan dalam Fasti karya Ovid.

Teladan bagi kaum wanita di Romawi

Menurut Livy, Lucretia adalah teladan dalam hal kecantikan dan kemurnian. Ia juga menjadi standar bagi wanita Romawi di masa itu. Saat suaminya pergi berperang, Lucretia tinggal di rumah dan berdoa agar suaminya kembali dengan selamat.

Seperti Livy, penggambaran Lucretia oleh Dionysius membedakannya dari wanita Romawi lainnya dalam cerita tentang pria yang pulang dari pertempuran.

Kisah pilu Lucretia yang memicu pemberontakan dan mengubah sejarah Romawi

Cerita dimulai dengan pertaruhan minum antara beberapa pemuda di rumah Sextus Tarquinius, putra raja Roma. Mereka memutuskan untuk mengejutkan istri mereka untuk melihat bagaimana mereka berperilaku ketika para suami tidak ada di rumah. Istri Collatinus, Lucretia, berperilaku baik, sedangkan istri putra raja tidak.