Gunung Ziria, Tempat Kelahiran Dewa Hermes dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Kamis, 29 Februari 2024 | 13:00 WIB
Gunung Ziria tempat Dewa Hermes dilahirkan dalam mitologi Yunani. (Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Gunung Ziria adalah gunung indah yang terletak di sebelah barat lembah Flabouritsa di Peloponnese. Dalam mitologi Yunani, gunung Ziria diyakini sebagai tempat kelahiran Dewa Hermes.

Menurut legenda, Pleiad yang dikenal sebagai Maia melahirkan putra Zeus, Hermes, di sebuah gua dekat danau Dasios di Gunung Ziria dekat desa Trikala.

Gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Kyllini atau Gunung Cyllene, gunung ini terkenal karena hubungannya dengan dewa Hermes dalam mitologi Yunani.

Ketinggiannya mencapai 2.376 meter (7.795 kaki) di atas permukaan laut, menjadikannya titik tertinggi kedua di Peloponnese.

Gunung ZiriaGunung Ziria terletak di sebelah barat lembah Flabouritsa di Peloponnese, dan merupakan rumah bagi lanskap yang menakjubkan.

Desa terbesar di wilayah ini adalah Trikala, sebuah tujuan wisata baru yang terletak di sisi barat Gunung Ziria.

Iklimnya yang kering dan lokasinya yang nyaman, hanya 143 kilometer dari Athena (88 mil), menjadikannya tujuan populer meskipun sedang musim tidak hanya bagi orang Yunani tetapi juga bagi wisatawan internasional.

Di sisi utara Gunung Ziria, terdapat pusat ski penting dengan lift bayi sepanjang 100 meter dan lift kabel sepanjang 400 meter.

Lembah dan pegunungan Trikala memungkinkan untuk berjalan-jalan santai di kawasan sekitar Danau Dasios, yang memiliki pulau kecil.

Jalur tersembunyi di pegunungan memiliki hutan pinus yang mengesankan yang membutuhkan jalan-jalan dan penjelajahan yang tenang sesuai keinginan Hermes.

Hermes, Putra ZeusMenurut mitologi Yunani, Hermes adalah dewa termuda kedua di antara para dewa Olympian. Dalam mitologi Yunani Kuno, Hermes dikenal sebagai pembawa berita para Dewa.

Dia bertugas melindungi para pelancong — serta pencuri dan pembohong — dan juga membimbing jiwa-jiwa ke dunia bawah atau Hades.