Serupa, Apakah Dewa Romawi Kuno berasal dari Mitologi Yunani?

By Ricky Jenihansen, Jumat, 8 Maret 2024 | 14:00 WIB
Dewa Romawi Kuno disebut mengadopsi dewa-dewa dari mitologi Yunani. (Greek Reporter)

Nationalgeographic.co.id—Sejumlah literatur modern memiliki banyak catatan tetang mitologi Yunani dan Romawi kuno. Keduanya terkait erat, bahkan dianggap serupa dengan nama yang berbeda.

Bangsa Romawi Kuno dianggap telah mengadopsi dewa-dewa mereka langsung dari mitologi Yunani. Setidaknya, itulah yang diklaim sebagian besar ilmuwan. Namun kenyataannya lebih rumit.

Dewa Yunani dan Romawi serupa

Tidak diragukan lagi, ada banyak kesamaan antara dewa-dewa Yunani dan Romawi. Membaca teks mitologi kuno membuat hal ini menjadi sangat jelas.

Kisah-kisah Yunani kuno tentang Zeus, misalnya, sangat mirip dengan kisah-kisah Romawi kuno tentang Yupiter. Mereka pada dasarnya memiliki peran, keluarga, dan julukan yang sama.

Demikian pula, kisah Romawi kuno tentang dewa setengah dewa Hercules, pada dasarnya identik dengan kisah mitologi Yunani tentang dewa setengah dewa Heracles.

Dalam hal ini, nama-nama tersebut sangat mirip sehingga jelas-jelas berhubungan.

Dalam banyak kasus, orang-orang Yunani bahkan menyebut dewa-dewa mereka sendiri dengan nama-nama yang setara dengan Romawi, tergantung pada zaman dan bahasa.

Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang Yunani dan Romawi secara pasti mengakui kedua panteon tersebut pada dasarnya adalah satu dan sama.

Asal usul yang sama

Namun, hal ini tidak berarti bahwa orang Romawi hanya mengambil dewa-dewa Yunani dan memberi mereka nama yang berbeda, seperti anggapan orang.

Setidaknya dalam beberapa kasus (walaupun tidak semua), alasan kesamaan yang luas ini adalah karena kedua dewa tersebut memiliki asal usul yang sama.