Saat Krisis Iklim Perlahan Mulai Melemahkan Kekaisaran Ottoman

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 19 Maret 2024 | 13:55 WIB
Kekaisaran Ottoman merupakan salah satu rezim terkuat di awal dunia modern. Namun perlahan mulai runtuh salah satunya karena perubahan iklim. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Pada puncaknya, Kesultanan Utsmaniyah atau Kekaisaran Ottoman membentang di tiga benua. Kekuasaannya sedemikian rupa hingga menguasai sebagian besar Eropa Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika Utara. 

Pada akhir abad ke-16, ratusan bandit menunggang kuda menyerbu pedesaan Anatolia. Mereka menyerbu desa-desa, memicu kekerasan, dan menggoyahkan cengkeraman sultan atas kekuasaan.

Empat ratus tahun kemudian dan beberapa ratus mil jauhnya di bekas wilayah Ottoman di Suriah, protes yang meluas meningkat menjadi perang saudara berdarah pada tahun 2011.

Episode kelam ini seolah memberikan peringatan untuk masa depan. Keduanya memaksa gelombang orang meninggalkan rumah mereka.

Sama-sama berakar pada politik dan mempunyai konsekuensi politik yang dramatis, keduanya dipicu oleh cuaca ekstrem yang terkait dengan perubahan iklim. 

Kekeringan di Jantung Sebuah Kerajaan

Kita hidup di era pemanasan global yang sebagian besar disebabkan oleh praktik manusia yang tidak ramah lingkungan. Umumnya dikenal sebagai Antroposen, era ini secara luas dianggap muncul pada abad ke-19 setelah periode perubahan iklim global besar lainnya yang disebut Zaman Es Kecil.

Zaman Es Kecil menyebabkan suhu lebih dingin dari rata-rata dan cuaca ekstrem di banyak belahan dunia.

Berbeda dengan pemanasan antropogenik saat ini, pemanasan global kemungkinan besar dipicu oleh faktor alam seperti aktivitas gunung berapi, dan berdampak pada wilayah berbeda, waktu berbeda, derajat berbeda, dan cara berbeda.

Permulaannya pada akhir abad ke-16 terutama terlihat di Anatolia, wilayah yang sebagian besar merupakan wilayah pedesaan yang pernah menjadi jantung Kesultanan Utsmaniyah dan secara kasar berbatasan dengan Turki modern 

Sebagian besar lahan secara tradisional digunakan untuk menanam biji-bijian atau menggembalakan domba dan kambing. Ini menyediakan sumber makanan penting bagi penduduk pedesaan serta penduduk ibu kota Ottoman yang ramai, Istanbul (Konstantinopel).

Dua dekade sekitar tahun 1600 merupakan masa yang sangat sulit. Anatolia mengalami tahun-tahun terdingin dan terkering dalam sejarah, berdasarkan lingkaran pohon dan data paleoklimatologi lainnya.