Bagaimana Agama Memengaruhi Pandangan Hubungan Manusia dan Alam?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 22 Maret 2024 | 11:00 WIB
Sebuah komunitas pencinta lingkungan sedang memungut sampah di pesisir Pulau Rambut, Kepulauan Seribu. Kendati agama di Indonesia memiliki pandangan tentang hubungan manusia dan alam, namun masyarakat cenderung lebih memilih cara-cara humanis untuk memuliakan alam. (Toto Santiko Budi)

Nationalgeographic.co.id—Mungkinkah agama punya peran dalam upaya pelestarian alam? Setidaknya itulah yang menjadi pertanyaan Frans Wijsen, Adjunct Professor di Center for Religious and Cross-cultural Studies Universitas Gadjah Mada (CRCS UGM).

Pertanyaan ini sangat penting, mengingat Indonesia merupakan salah satu dari 20 negara yang paling religius, menurut laporan US News. Di samping itu, Indonesia juga negara rentan terdampak bencana yang di antaranya berhubungan dengan krisis perubahan iklim.

Sejak 1990-an, negara-negara di Eropa menjadi yang pertama memperhatikan dampak perubahan iklim yang mulai terasa.

"Di Belanda sendiri, kita sering berjuang melawan air, membuat tanggul, reklamasi laut. Jadi kita selalu berupaya menguasai alam, menaklukkan alam," kata Wijsen dalam Wednesday Forum bertajuk "Humans, Nature, and God in Indonesia: Does Religion Matter?" yang digelar CRCS UGM pada 18 Oktober 2023.

Demi merespons perubahan iklim, terjadinya perubahan paradigma terhadap hubungan manusia dan alam di Eropa, terutama di Belanda. "Para insinyur pengairan mengubah peradigma dan berpendapat, mungkin kita tidak seharusnya melawan air, namun kita harus melihat air sebagai kawan kita. Beri saja ruang pada sungai, biarkan air mengalir, dan jangan melawannya," ungkap Wijsen.

Belanda yang dikenal sebagai negara sekuler dan sejak dulu membangun dengan melawan alam supaya tidak tenggelam telah berubah paradigma. Tata ruang di beberapa kotanya menyesuaikan dengan air.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Keanekaragaman hayati di alam Indonesia begitu melimpah, sehingga upaya pelestarian sangat diperlukan. Apakah hubungan manusia dan alam dipengaruhi dengan keagamaan yang dianut?

Jawaban dari pertanyaan ini dicari oleh Wijsen dan rekan-rekan peneliti di UGM sejak 2019. Temuannya diungkap di Journal for the Study of Religion, Nature, & Culture bertajuk "Humans and Nature: Does Religion Make a Difference in Indonesia?".

Secara ilmiah, ada empat kalangan utama pandangan yang menggambarkan hubungan manusia, agama, dan alam. Empat jenis itu di antaranya kalangan ahli agama, umat beragama, pengurus keagamaan, dan pegiat humanis.

Empat jenis ini diukur dengan skala hubungan manusia dan alam (HaN). Pertama, pandangan bahwa manusia adalah bagian dari alam, namun mempunya tanggung jawab untuk menjaganya. Pandangan ini diyakini oleh para pengurus keagamaan.

Sedangkan kalangan pegiat humanis, hampir serupa. Mereka memandang bahwa manusia memang bagian dari alam, namun tidak ada dasar agama dalam pemikirannya yang membuat mereka harus peduli terhadap alam.

Dua pandangan ini lebih banyak diyakini para partisipan penelitian ini. Akan tetapi pandangan pegiat humanis lebih tinggi.