Kunoichi, Ninja Wanita Kekaisaran Jepang yang Misterius dan Mematikan

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 23 Maret 2024 | 17:00 WIB
Kaum wanita pun bisa menjadi praktisi ninjutsu. Mereka dikenal sebagai kunoichi atau ninja wanita dalam sejarah Kekaisaran Jepang. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Ninja tidak diragukan lagi adalah salah satu prajurit Kekaisaran Jepang paling terkenal dalam budaya pop. Sebagai praktisi ninjutsu, para pejuang yang mengikuti jalan ini disebut sebagai shinobi. Namun apakah ninjutsu hanya berlaku bagi kaum pria saja? Faktanya, kaum wanita pun bisa menjadi praktisi ninjutsu. Mereka dikenal sebagai kunoichi dalam sejarah Kekaisaran Jepang.

Di zaman modern, istilah kunoichi kemudian berkembang menjadi ninja wanita. Bagaimana sejarah tokoh misterius ini? Dan apa fungsi mereka dalam masyarakat Jepang?

Ninja, shinobi, dan kunoichi

Ninja adalah praktisi taktik militer berbasis spionase yang disebut ninjutsu, milik kelas shinobi Jepang. Sering kali ada anggapan yang salah bahwa ninja hanyalah laki-laki, khususnya dalam konteks sejarah. Di masa itu, lingkungan sosial didominasi laki-laki di mana perempuan ditempatkan di latar belakang baik sebagai istri atau tokoh (jika bangsawan).

Namun dalam kasus shinobi, perempuan bekerja bersama laki-laki sebagai aset tersembunyi yang kuat dalam klan shinobi. “Para wanita itu tergabung dalam kelompok yang disebut kunoichi,” tulis Riley Winters di laman Ancient Origins.

Kunoichi tercatat sebagai pemuja ninjutsu yang kuat pada abad ke-17. Hal ini didokumentasikan dalam sebuah buku tebal berjudul Bansenshukai, kumpulan rahasia pelatihan ninja. Prajurit Kunoichi tampaknya sudah ada sebelum dokumentasi mereka dalam teks ini. Tapi berapa lamanya, tidak pasti.

Seorang wanita, Mochizuki Chiyome, diyakini telah berhasil menciptakan kelompok rahasia kunoichi di Kekaisaran Jepang pada abad ke-16.

Menggunakan gender sebagai senjata tipu muslihat yang mematikan

Keyakinan yang konsisten bahwa wanita tidak lebih dari sekedar “pemanis” atau istri yang penurut merupakan pertanda baik bagi kunoichi. Pasalnya, hal itu memungkinkan para prajurit tangguh dari Kekaisaran Jepang itu untuk mendekati targetnya. “Biasanya pria dari kelas samurai,” tambah Winters. Biasanya, mereka dikirim untuk mendapatkan informasi atau untuk membunuh.

Meskipun pria selalu mewaspadai pria yang mencurigakan, jarang sekali mereka mewaspadai wanita yang mencurigakan. Perempuan jauh lebih mungkin untuk dapat mempertahankan penyamaran mereka dibandingkan laki-laki. Selain itu, samurai di Kekaisaran Jepang jarang mempekerjakan laki-laki asing untuk meminta nasihat, bantuan atau perlindungan. Di sisi lain, mereka biasa memiliki selir atau wanita simpanan cantik.

Oleh karena itu, kunoichi sering menyamar sebagai penari, pelacur, pelayan, biarawan Shinto, dan lainnya. Penyamaran tersebut memungkinkan kunoichi mendapatkan akses ke bagian paling penting dari kehidupan samurai. Di masa itu, para biarawan wanita tidak dilarang bepergian karena hal itu dianggap sebagai bagian dari pendidikan agama mereka.

Karena alasan tersebut, perempuan dapat menyusup lebih dalam dibandingkan laki-laki di zona yang lebih berbahaya. Bagaimana jika seorang samurai mengetahui penyamaran sang kunoichi? Biasanya kunoichi menghadapi hukuman yang lebih berat dibanding shinobi atau ninja pria.