Sejarah Garda Swiss: Berawal dari Tentara Bayaran selama Perang Italia

By Sysilia Tanhati, Jumat, 12 April 2024 | 11:30 WIB
Dikenal sebagai Garda Swiss, mereka telah menjadi bagian dari Vatican sepanjang sejarah modern. Bagaimana asal-usul pasukan panjaga Paus itu? (U.S. Department of State)

Nationalgeographic.co.id - Saat berkunjung ke Basilika Santo Petrus di Vatikan, Anda akan melihat penjaga berpakaian rumit yang ditempatkan di beberapa titik. Mereka mengenakan seragam berwarna cerah yaitu biru, merah, oranye, dan kuning.

Dikenal sebagai Garda Swiss (Swiss Guard), mereka telah menjadi bagian dari Vatikan sepanjang sejarah modern. Namun dari mana awalnya Garda Swiss ini berasal? Dan mengapa mereka bisa bertahan lama di Vatican?

Situasi Italia pada abad ke-16

Garda Swiss berasal dari awal abad keenam belas. Saat itu, wilayah yang diperintah langsung oleh Paus melampaui wilayah kecil di sekitar Basilika Santo Petrus di Vatikan.

Negara Gereja pada waktu itu menjangkau seluruh Italia bagian tengah dan utara hingga wilayah Republik Florence, Ferrara, dan Mantua.

“Wilayah tersebut berfluktuasi sepanjang abad kelima belas dan keenam belas,” tulis Carl Seaver di laman History Defined. Hal ini disebabkan oleh dua lusin negara bagian di semenanjung Italia terus-menerus berada dalam konflik satu sama lain.

Selain itu, sejak tahun 1494 semenanjung ini dilanda perang besar karena Spanyol. Saat itu Spanyol ingin menguasai Sisilia dan Napoli di selatan. Spanyol juga berperang dengan Prancis, yang memiliki pengaruh di Milan dan wilayah lain di utara. Perang itu dilakukan demi hegemoni politik di seluruh semenanjung.

Perang Italia ini berlangsung selama lebih dari 60 tahun, dari tahun 1494 hingga 1559. Sebagai akibat dari peperangan internal yang sengit ini, masing-masing negara bagian Italia memerlukan pasukan militer dalam jumlah besar. Pasukan itu dibutuhkan untuk melindungi wilayah mereka.

Tentara bayaran Swiss dalam Perang Italia

Dalam kasus Negara Gereja, Paus menyewa sejumlah besar tentara bayaran Swiss pada akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16.

“Orang Swiss dianggap sebagai tentara tempur terbaik di Eropa modern awal,” Seaver menambahkan. Selama periode akhir abad pertengahan, Swiss berhasil melancarkan perang melawan Kaisar Romawi Suci Jerman untuk mencapai kemerdekaan.

Dengan demikian, mereka membentuk konfederasi negara bagian Swiss, cikal bakal Republik Swiss modern. Dalam perjuangan kemerdekaan pada akhir periode abad pertengahan, orang Swiss menjadi pejuang yang ahli. Para prajurit Swiss sangat ahli dalam menggunakan tombak.