Perbedaan Antara Planet Luar dan Planet Dalam di Tata Surya Kita

By Ade S, Minggu, 12 Mei 2024 | 14:03 WIB
Tata surya. Pelajari perbedaan mendasar antara planet dalam dan planet luar, mulai dari komposisi, suhu, hingga jumlah bulan dan cincinnya. (freepik.com/author/brgfx)

Nationalgeographic.co.id—Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa planet-planet di tata surya kita terlihat berbeda?

Mengapa ada planet yang berukuran raksasa seperti Jupiter, dan ada pula yang kecil dan berbatu seperti Bumi?

Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara planet luar dan planet dalam, dua kelompok planet yang memiliki karakteristik unik masing-masing.

Planet-planet di tata surya kita dapat dikelompokkan menjadi dua kategori berdasarkan jaraknya dari matahari dan komposisi internalnya.

Planet dalam, yang terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars, menghuni wilayah yang lebih dekat dengan matahari.

Sebaliknya, planet luar, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, berada pada jarak yang lebih jauh dan memiliki susunan yang sangat berbeda.

Mari kita selami lebih dalam perbedaan antara planet luar dan planet dalam, mulai dari komposisi dan ukuran, hingga suhu, atmosfer, rotasi, orbit, dan jumlah bulan dan cincin, seperti dilansir dari Universe Today.

Komposisi dan Ukuran

Salah satu perbedaan utama antara planet dalam dan luar adalah komposisi internalnya. Planet dalam didominasi oleh material berwujud padat seperti besi dan nikel.

Hal ini membuat mereka memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih padat dibandingkan dengan planet luar.

Sebaliknya, planet luar merupakan raksasa gas yang sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium, unsur ringan yang ditemukan melimpah di tata surya.

Baca Juga: Mengapa Planet-planet dalam Tata Surya dapat Mengelilingi Matahari Sesuai dengan Orbitnya?