Dunia Hewan: Mamalia Tumbuh Lebih Besar, dan Itu Semua karena Manusia

By Utomo Priyambodo, Jumat, 24 Mei 2024 | 19:00 WIB
Aktivitas manusia memengaruhi dunia hewan. Beberapa mamalia, seperti rakun, jadi tumbuh lebih besar. (Adam Kliczek/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Ada banyak perubahan yang terjadi dalam dunia hewan dan banyak di antaranya akibat ulah manusia. Yang menyedihkan, aktivitas manusia telah menyusutkan jumlah hewan liar di seluruh dunia. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa banyak mamalia yang hidup di dekat perkotaan terus bertambah besar, baik panjang maupun beratnya.

Temuan ini tidak terduga. Lingkungan perkotaan yang luas, dengan semen yang banyak terkena sinar matahari, dapat menjadi jauh lebih panas dibandingkan habitat alami. Suhu yang lebih hangat ini biasanya menguntungkan mamalia yang bertubuh lebih kecil dan lebih hemat energi – sebuah prinsip biologi yang dikenal sebagai aturan Bergmann.

Seiring dengan semakin panasnya dunia, beberapa ilmuwan khawatir bahwa mamalia yang tinggal di dekat perkotaan akan menjadi semakin kecil. Hal ini kemungkinan akan mengurangi kebugaran mamalia tersebut sebagai suatu spesies dan, tidak diragukan lagi, juga mengurangi kebugaran predator mereka.

Namun bahkan dengan adanya perubahan iklim, hal tersebut mungkin tidak akan terjadi dalam dunia hewan ini. Sebab, ada faktor lain dalam menentukan ukuran mamalia yang mungkin menyaingi atau bahkan melebihi suhu, yaitu makanan.

Di dalam dan di sekitar kota-kota dengan populasi padat, di mana sisa-sisa manusia yang berkalori tinggi lebih banyak tersedia dan jumlah predator semakin sedikit, penelitian baru menemukan bahwa sebagian besar spesies mamalia yang diteliti tampaknya semakin bertambah besar ukurannya. Ukuran tubuh mamalia seperti anjing hutan dan rakun ternyata tidak menyusut.

Penambahan bobot tubuh mamalia tersebut telah dicatat sebelumnya oleh para ilmuwan dan masyarakat. Namun alasan atau alasan mengapa hal ini jarang dieksplorasi.

Berdasarkan pengukuran cermat terhadap lebih dari 100 spesies dari Amerika Utara, yang dikumpulkan dari koleksi museum selama 80 tahun terakhir, penyebab utamanya bukanlah suhu kota.

Sebaliknya, peningkatan terbesar dalam berat dan panjang tubuh tampaknya terjadi pada mamalia yang paling banyak hidup di dekat manusia, tidak peduli seberapa panas lingkungan mereka.

Ketika perubahan iklim semakin parah, tentu saja ada kemungkinan bahwa hal tersebut akan berubah. Namun setidaknya untuk saat ini, tampaknya serigala, anjing hutan, rusa, hewan pengerat, kelelawar, dan mamalia lainnya di Amerika Utara akan lebih terpengaruh oleh populasi perkotaan dibandingkan dengan iklim kota.

“Itu sama sekali bukan apa yang kami perkirakan,” kata Robert Guralnick, yang mempelajari informatika keanekaragaman hayati di Florida Museum. Dia dan rekan-rekannya telah menerbitkan makalah studi itu di Studi ini dipublikasikan di jurnal Communications Biology.

“Namun urbanisasi mewakili gangguan baru terhadap lanskap alam yang belum pernah terjadi ribuan tahun yang lalu. Penting untuk menyadari bahwa hal ini mempunyai dampak yang sangat besar.”

Baca Juga: Dunia Hewan: Apa Mamalia Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi?