Bahasa Apa yang Digunakan Bangsa Troya dalam Mitologi Yunani?

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 1 Juni 2024 | 07:00 WIB
Buku I Iliad karya Homer (tablet kayu) yang menceritakan Bangsa Troya dalam mitologi Yunani. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Bangsa Troya dalam mitologi Yunani adalah musuh Orang Yunani dalam Illiad karya Homer yang terkenal. Namun, seberapa jauh kita mengetahui tentang merek?

Seperti misalnya, bahasa apa yang digunakan oleh Bangsa Troya dalam mitologi Yunai? Adakah pertentangan antara pendapat Homer tentang hal ini dan apa yang kita ketahui dari sumber-sumber sejarah?

Apakah bahasa Bangsa Troya adalah bahasa Luwian?Jawaban paling umum terhadap pertanyaan bahasa apa yang digunakan Bangsa Troya adalah kemungkinan besar mereka berbicara bahasa Luwian.

Ini adalah bahasa yang sangat umum di sebagian besar Anatolia pada Zaman Perunggu. Karena alasan ini, banyak ahli yang meyakini bahwa Bangsa Troya mungkin berbicara dalam bahasa ini.

Yang lebih penting lagi, setidaknya satu artefak dengan prasasti Luwia ditemukan di Troy Zaman Perunggu. Hal ini tampaknya menegaskan bahwa Bangsa Troya dalam mitologi Yunani berbicara dalam bahasa Luwian.

Namun, seperti banyak hipotesis lainnya, kebenarannya tidak sesederhana itu. Seperti yang telah disebutkan, bahasa Luwian adalah bahasa yang tersebar luas di Anatolia pada Zaman Perunggu.

Faktanya, bahasa ini digunakan secara luas sehingga pada dasarnya merupakan lingua franca di wilayah tersebut.

Oleh karena itu, banyak negara yang berbicara bahasa lain hampir pasti menggunakan bahasa Luwian sebagai alat komunikasi internasional.

Jadi, fakta bahwa prasasti Luwia ada di Troy sebenarnya tidak membuktikan bahwa itu adalah bahasa utama Bangsa Troya dalam mitologi Yunani.

Bahasa Bangsa Troya dalam mitologi Yunani menurut Homer

Meskipun Homer tidak menulis Iliad untuk memberikan gambaran umum tentang sejarah Bangsa Troya, ia mengungkapkan banyak hal tentang mereka sebagai sebuah bangsa.

Baca Juga: Arrichion, Atlet Olimpiade Yunani Kuno yang Jasadnya Diberi Mahkota Juara