Mengintip Lemari Pakaian Era Regency: Lebih dari Sekadar Gaun Bridgerton

By Tri Wahyu Prasetyo, Sabtu, 15 Juni 2024 | 16:00 WIB
Serial Netflix (Netflix)

Nationalgeographic.co.id—Bridgerton mungkin telah membangkitkan rasa ingin tahu terhadap era Regency. Namun, sebenarnya era ini sudah lama menjadi buah bibir, terutama dalam dunia fesyen.

Dari balutan gaun mewah hingga aksesori yang detail, era ini telah lama menjadi inspirasi bagi para penggemar mode di seluruh dunia. 

Kini, dengan popularitas yang semakin meningkat, tiba saatnya bagi kita untuk menyelami lebih dalam dan mengungkap rahasia di balik lemari pakaian era Regency yang ikonik.

Era Regency: Sebuah Tinjauan Singkat

Secara historis, periode Regency berlangsung dari tahun 1811 hingga 1820 di Inggris Raya. Periode di awal abad ke-19 ini mencerminkan masa pemerintahan George IV, yang diangkat untuk memimpin berdasarkan Regency Act tahun 1811 setelah ayahnya, George III, mengalami gangguan mental dan tidak dapat lagi menjalankan tugas resminya.

Terlepas dari keadaan yang menyedihkan dari penurunan kondisi George III, era Regency ditandai dengan bangkitnya kembali acara-acara sosial dan serta budaya yang baru. 

George IV sebagai Pangeran Wales. (Public Domain/Wikimedia Commons)

Era ini didefinisikan oleh beberapa perubahan dalam seni dan budaya. Arsitektur dan desain furnitur berkembang pesat selama era ini. 

Romantisisme berkembang selama masa ini dan para musisi, seniman, novelis, dan penyair semuanya menciptakan seni yang indah dan menginspirasi dalam gerakan Romantis.

Tokoh-tokoh kunci Regency termasuk seniman-seniman inovatif seperti J.M.W. Turner dan John Constable, penyair-penyair hebat termasuk Lord Byron dan John Keats, dan, tentu saja, Jane Austen yang tak tertandingi. 

Baca Juga: Merah Muda Jadi Simbol Feminin dan Tren bagi Wanita, Sejak Kapan?

Kisah-kisah Austen tentang romansa era Regency memikat para pembaca saat itu dan sekarang, dan tidak diragukan lagi menawarkan inspirasi yang tak terukur untuk kisah-kisah Bridgerton yang memenuhi layar kita saat ini.