Sejarah Dunia: Bagaimana Pablo Escobar "Meracuni" Sepak Bola Kolombia?

By Tri Wahyu Prasetyo, Selasa, 25 Juni 2024 | 12:00 WIB
Gembong narkoba Pablo Escobar dengan salah satu klub sepak bola mudanya. Pada masa kejayaannya, Escobar melakukan pencucian uang melalui Atletico Nacional, salah satu tim profesional utama di negara itu. (Via Sports History Weekly)

Nationalgeographic.co.id—Pablo Escobar, tokoh kontroversial yang dikenal sebagai raja narkoba paling terkenal di dunia, memiliki pengaruh besar dalam dunia sepak bola Kolombia. Ia mengubah sepak bola menjadi "candu" baru bagi masyarakat Kolombia.

Untuk sebagian orang, ia adalah Robin Hood yang membawa sepak bola Kolombia ke panggung internasional. Namun, bagi yang lain, ia adalah iblis yang merusak tatanan sepak bola Kolombia dengan uang haram dan kekerasan.

Lantas, seperti apa kiprah sang raja narkoba dalam sepak bola Kolombia? Mari kita ungkap kisah kontroversial ini dan melihat bagaimana Escobar menghantui sejarah sepak bola Kolombia.

Awal Keterlibatan dalam Sepak Bola

Pablo Escobar menunjukkan kecintaannya pada sepak bola sejak usia muda. Sepak bola bukan hanya olahraga, tetapi juga sarana pelarian dari kehidupan keras di lingkungan miskin Medellín.

"Sepak bola adalah bagian dari ghetto; olahraga untuk orang-orang yang tersisih. Sepak bola memberikan pelepasan stres dan depresi yang nyata bagi mereka yang menghadapi ketidakadilan sosial, dan mereka berbondong-bondong untuk menonton pertandingan," kata Chris Moar Aguiar, pada laman Elephant Sport.

Escobar, Aguiar melanjutkan, "tidak berbeda dengan penggemar sepak bola miskin lainnya, tetapi yang berbeda adalah kenyataan bahwa ia memiliki uang untuk diinvestasikan dalam hasratnya."

Bagi Escobar, sepak bola adalah cara untuk merasakan kebebasan dan kegembiraan yang mungkin tidak ia dapatkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Ketika Escobar mulai meraih kesuksesan dalam bisnis narkoba, ia melihat kesempatan untuk menggabungkan dua hal yang ia cintai: kekayaan dan sepak bola. Dengan uang yang melimpah, ia mulai berinvestasi dalam klub sepak bola lokal.

Pablo Escobar dan Klub Liga Sepak Bola Kolombia

Escobar (kiri) menyaksikan pertandingan Independiente melawan America de Cali. (Via Elephant Sport)

Baca Juga: Dunia Hewan: Kuda Nil Milik Pablo Escobar yang Membuat Resah Kolombia