Sejarah Dunia: 'Ramalan' The Simpsons, antara Fenomena atau Kebetulan

By Tri Wahyu Prasetyo, Rabu, 17 Juli 2024 | 08:00 WIB
Homer diseret oleh petugas keamanan dari rapat umum Trump dalam serial (Via The Guardian)

Nationalgeographic.co.id—Baru-baru ini, dunia dikejutkan oleh peristiwa percobaan pembunuhan terhadap Donald Trump saat sedang berkampanye di Pennsylvania.

Meskipun Trump selamat dari insiden tersebut, kejadian ini segera memicu diskusi di media sosial tentang kemampuan serial animasi "The Simpsons" dalam meramalkan masa depan.

Banyak netizen mengaitkan insiden ini dengan salah satu episode "The Simpsons" yang pernah menggambarkan Donald Trump diserang saat berkampanye, meskipun dengan hasil yang berbeda.

Namun, unggahan gambar "Trump" terbaring di peti mati, belakang ini diketahui bukan berasal dari serial The Simpsons. Gambar tersebut pertama kali muncul di forum daring 4Chan pada 2017.

Kendati demikian, selama bertahun-tahun, "The Simpsons" telah menjadi terkenal karena kemampuannya yang tampaknya tidak biasa dalam memprediksi berbagai peristiwa sejarah dunia. Bahkan, sering kali dengan akurasi yang mengejutkan.

Dengan episode-episode yang seolah-olah menggambarkan kejadian masa depan sebelum terjadi, penonton telah terpesona dan terus mencari lebih banyak contoh koneksi yang aneh.

The Simpsons Sebagai “Peramal”

Spekulasi tentang kemampuan ramalan "The Simpsons" mulai mendapat perhatian serius setelah Donald Trump terpilih sebagai presiden Amerika Serikat pada tahun 2016.

Meskipun demikian, beberapa dekade sebelumnya, "The Simpsons" telah mendapat perhatian dari masyarakat luas pasca tragedi "9/11".

Dalam sebuah episode yang tayang perdana pada tahun 1996, sebuah brosur New York ditampilkan dengan angka 9 diikuti oleh Menara Kembar World Trade Center, membuatnya tampak seolah-olah mengacu pada serangan mengerikan itu.

Selain itu, dalam tayangan musim 2, episode 4, "Two Cars in Every Garage and Three Eyes on Every Fish" dianggap sebagai contoh pertama dari ramalan "The Simpsons" yang terwujud.

Baca Juga: Sejarah Dunia: Mengapa Catatan Perjalanan Marco Polo Dianggap Penting?