Saat Austria-Turki Terlibat Perang Terbodoh dalam Sejarah Dunia di Karánsebes

By Ade S, Selasa, 2 Juli 2024 | 17:03 WIB
Simak kisah lucu pertempuran Austria-Turki di Karánsebes yang penuh kekacauan dan kebingungan. Pengingat bahwa sejarah dunia tak selalu serius. (Craciun Cristiana)

Nationalgeographic.co.id—Pernahkah Anda mendengar tentang Pertempuran Karánsebes? Jika belum, bersiaplah untuk tertawa terbahak-bahak.

Pertempuran ini, yang terjadi antara Austria dan Turki pada tahun 1788, adalah salah satu momen paling lucu dan membingungkan dalam sejarah dunia.

Bayangkan saja: dua pasukan besar saling menyerang di tengah malam, diliputi kegelapan dan kebingungan. Suara tembakan dan teriakan bercampur aduk, dan tak seorang pun tahu siapa yang melawan siapa.

Dalam kekacauan ini, pasukan Austria secara tak sengaja menyerang diri mereka sendiri, menyebabkan kekalahan memalukan.

Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang peristiwa yang membingungkan ini, menjelajahi penyebabnya dan dampaknya pada Austria, Turki, dan jalannya sejarah.

Pertempuran terbodoh yang populer

Dalam sejarah peperangan, ada kalanya terjadi peristiwa yang begitu konyol hingga hampir terasa seperti lelucon. Salah satu contohnya adalah "Pertempuran Karánsebes", sebuah insiden memalukan yang melibatkan pasukan Austria selama Perang Austria-Turki tahun 1788.

Pertempuran ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai "insiden", karena tidak melibatkan pertempuran antar dua kekuatan yang berlawanan. Sebaliknya, berbagai unit tentara Austria justru saling menyerang satu sama lain sepanjang malam dalam kekacauan yang tak terkendali.

Meskipun sudah terjadi lebih dari dua abad yang lalu, kebodohan pasukan Austria yang kala itu merupakan salah satu kekuatan militer terkemuka di Eropa ini masih menjadi bahan lelucon hingga saat ini. Banyak meme dan video beredar di internet yang menceritakan kisah konyol ini.

Peristiwa memalukan ini terjadi pada malam tanggal 21-22 September 1788. Namun, cerita tentang pertempuran ini baru muncul ke publik pada tahun 1831 melalui Austrian Military Magazine. Penundaan pelaporan ini diduga kuat karena rasa malu yang besar yang dirasakan oleh pihak Austria.

Kisah lengkapnya dapat ditemukan dalam Bab II, Volume 6 dari buku History of the Eighteenth Century and of the Nineteenth Till the Overthrow of the French Empire.

Baca Juga: Sejarah Dunia: Ketika Bau Badan Jadi Peluang Bisnis yang Menggiurkan