Olympia, Tempat Berlangsungnya Olimpiade dalam Sejarah Dunia Kuno

By Sysilia Tanhati, Rabu, 24 Juli 2024 | 08:00 WIB
Di Olympia Olimpiade diselenggarakan. Bagaimana kisahnya dalam sejarah dunia kuno? (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Olympia Kuno adalah situs perlindungan Yunani kuno yang didedikasikan untuk pemujaan Zeus yang terletak di Peloponnese Barat.

Dalam sejarah dunia kuno, pertandingan Olimpiade Pan-Hellenic diadakan di lokasi tersebut untuk menghormati Zeus. Olimpiade kuno tersebut diadakan setiap 4 tahun sekali, sejak tahun 776 SM hingga 393 M.

Seperti apa kisah dari situs yang kini terdaftar oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia tersebut?

Olympia dalam sejarah dunia kuno

Olympia pertama kali dihuni pada milenium ke-2 Sebelum Masehi. Namun, catatan arkeologi pertama mengenai tempat tinggal berasal dari tahun 1900 hingga 1600 SM.

Bukit Kronion di situs tersebut mungkin merupakan tempat pemujaan pertama yang didedikasikan untuk Kronos. Namun, bangunan suci lainnya di kaki bukit di hutan suci pohon zaitun liar, atau Altis, menunjukkan dewa lain juga disembah.

“Seperti Gaia, Themis, Aphrodite, dan Pelops,” tulis Mark Cartwright di laman World History Encyclopedia.

Kemudian suku-suku Yunani barat menghuni Peloponnese. Sejak itu, Zeus, ayah para dewa Olympian, yang kemudian menjadi tokoh pemujaan dominan di Olympia.

Kuil Zeus

Bangunan besar pertama di situs cagar alam kuno yang terkenal adalah Heraion. Bangunan ini merupakan sebuah kuil yang didedikasikan untuk Hera yang dibangun sekitar 650-600 SM. Pada abad ke-5 SM, tempat suci ini mencapai puncak kemakmurannya.

Kuil Zeus berukuran 6 x 13 kolom yang besar selesai dibangun pada tahun 457 SM. Kuil tersebut menampung patung besar pemimpin para dewa Olympian dari gading dan emas.

Baca Juga: 7 Peradaban Terbesar dalam Sejarah Dunia, Termasuk Yunani Kuno