Benarkah Orang Romawi Pakai Keringat Gladiator untuk Tingkatkan Gairah?

By Utomo Priyambodo, Rabu, 24 Juli 2024 | 16:00 WIB
Benarkan orang Romawi suka menggunakan keringat gladiator sebagai obat segala penyakit termasuk untuk meningkatkan gairah seksual? (Hans Splinter/Flickr)

Nationalgeographic.co.id - Video trailer baru untuk film Gladiator II benar-benar memperlihatkan daging yang berkilau dan cairan tubuh yang tumpah.

Meskipun film itu sendiri secara historis mungkin meragukan, faktanya para gladiator di Colosseum memang akan menghabiskan sebagian besar hidup mereka berlumuran darah dan keringat.

Terkait kotoran yang disebut terakhir, pencarian cepat di internet akan memberi tahu Anda bahwa keringat gladiator digunakan sebagai afrodisiak (obat peningkat gairah seksual) dan obat segala penyakit.

Menurut banyak laporan yang belum terverifikasi, para gladiator dilumuri dengan minyak zaitun sebelum dikirim ke arena. Mereka kemudian "dikikis" menggunakan alat yang dikenal sebagai strigil, dengan asumsi mereka selamat dari kontes fana tersebut.

Konon, kotoran gladiator yang dihasilkan – yang terdiri atas keringat, darah, kulit yang terkelupas, kotoran umum, dan minyak berlebih – kemudian dijual dalam botol kepada para penonton. Para pembeli itu kemudian mengoleskannya ke tubuh dan wajah mereka sendiri dengan harapan mendapatkan manfaat fisik darinya.

Misalnya, kadang-kadang dikatakan bahwa cairan menjijikkan ini dicampur dengan parfum atau digunakan sebagai krim wajah oleh wanita kaya Romawi.

Pernyataan lain menunjukkan bahwa baik pria maupun wanita menggunakan ekskresi tersebut untuk menyuntikkan vitalitas gladiator ke dalam kehidupan seks mereka atau untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari nyeri sendi hingga peradangan.

Namun, seperti banyak aspek dalam film blockbuster baru Ridley Scott itu, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa praktik ini benar-benar ada.

Sebaliknya, penulis Romawi ternama, Pliny the Elder, benar-benar muak dengan gagasan memakai kotoran orang lain. Dia mencemooh orang-orang Yunani kuno karena melakukan hal tersebut dalam teksnya yang terkenal, Naturalis Historia.

Dalam catatan sejarah Romawi kuno, gladiator sering kali adalah budak atau tawanan perang yang dipaksa untuk terus bertarung. (Wikimedia Commons)

Ketika menggambarkan kebiasaan orang-orang Yunani, Pliny menulis bahwa “kerokan dari tubuh para atlet dipandang memiliki sifat-sifat tertentu yang bersifat emolien, berkalori, mudah larut, dan bersifat sumpah serapah, yang dihasilkan dari gabungan keringat manusia dan minyak.”

Baca Juga: Darah Gladiator Jadi 'Minuman Kehidupan' di Sejarah Romawi Kuno