Hilangnya Sepasang Pengantin Baru di Sungai Colorado Sejak 1928

By Galih Pranata, Senin, 16 September 2024 | 08:05 WIB
Glen dan Bessie Hyde merupakan sepasang pengantin baru yang gemar terhadap petualangan alam. Namun, Sungai Colorado jadi yang terakhir bagi petualangan mereka di tahun 1928 setelah jasadnya menghilang dan menjadi misteri yang tak terpecahkan sampai hari ini. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Pada tahun 1928, sepasang pengantin baru, Glen dan Bessie, sedang berbulan madu. Mereka berdua berada di kapal penumpang dalam perjalanan menuju Los Angeles, California.

Meskipun Bessie masih sangat muda, ia sebenarnya sudah menikah saat pertama kali bertemu Glen. Mereka jatuh cinta, dan kawin lari hanya beberapa hari setelah perceraian dari suami pertama Bessie dirampungkan.

"Saat mereka menikah, usia mereka 22 dan 29 tahun. Meskipun memiliki perbedaan usia yang sangat jauh, tetapi mereka memiliki hasrat yang sama untuk menjelajahi alam terbuka, dan mereka tampaknya memiliki impian yang sama," tulis Shannon Quinn.

Quinn menulisnya kepada History Collection dalam artikelnya berjudul "The Disappearance of Bessie and Glen Hyde Remains One of the Most Puzzling Unsolved Mysteries" yang diterbitkan pada 14 September 2024.

Glen suka petualangan. Ia punya tujuan untuk menyusuri seluruh Sungai Colorado. Glen menghabiskan waktu berbulan-bulan membangun perahunya sendiri sepanjang 20 kaki yang akan sempurna untuk perjalanan tersebut.

Jika mereka berhasil menyusuri sungai dan memecahkan rekor waktu, mereka bisa memenangkan hadiah uang. Orang-orang yang memecahkan rekor semacam ini pada tahun 1920-an akan menjadi terkenal.

Bahkan jika mereka tidak berhasil memecahkan rekor waktu, karena Bessie ikut serta, ia akan tetap tercatat dalam sejarah sebagai wanita pertama yang menyelesaikan seluruh perjalanan.

Panjang Sungai Colorado hampir mencapai 1.000 km, dan sungai itu liar dan penuh dengan jeram air putih yang deras. Ini adalah perjalanan yang sangat berbahaya, tetapi Glen bersikeras dengan rekor yang ingin ia gapai.

Salah satu rekor kegilaan lainnya adalah bahwa Glen dan Bessie harus menempuh perjalanan panjang mereka dengan tanpa membawa jaket pelampung dan peralatan keselamatan lainnya, karena akan menambah beban perahu dan memperlambat laju mereka.

Mereka benar-benar ingin memecahkan rekor waktu, jadi mereka berhenti di sepanjang sungai untuk bertemu dengan seorang fotografer bernama Emery Kolb, yang tinggal di tengah Grand Canyon. Glen dan Bessie menjadi terkenal karena karya fotografinya.

Mereka memberi tahu Kolb bahwa mereka telah menyusuri sungai selama hampir sebulan dan bahwa mereka jauh lebih cepat dari jadwal. Mereka meminta Emery Kolb untuk mengambil foto mereka dan berjanji akan mengambilnya kembali dalam perjalanan pulang.

Baca Juga: Kisah Para Awak Kapal OceanX Mengungkap Misteri Laut Indonesia