Curetes, Penghuni Pertama Kreta yang Mistik dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Kamis, 19 September 2024 | 10:00 WIB
Curetes menari di atas bayi Zeus. Curetes disebut penghuni pertama pulau Kreta yang mistis dalam mitologi Yunani. (Wilhelm RoscherPublic Domain)

Nationalgeographic.co.id—Curetes konon merupakan penghuni pertama Pulau Kreta yang mistik dalam mitologi Yunani. Mereka adalah makhluk mitos, khususnya dewa-dewi jinak yang hidup sebelum Peradaban Minos.

Ada beberapa mitos dan versi tentang Curetes, atau Kouretes (bahasa Yunani: Κουρήτες, jamak).

Mitos-mitos ini justru membantu mempertahankan selubung misteri tentang makhluk-makhluk tersebut. Keberadaan mitos ini membuat kita tidak memungkinkan untuk membentuk gambaran yang lengkap dan jelas tentang mereka.

Namun, ada mitos-mitos tertentu yang beredar, yang memberikan deskripsi tentang penghuni mistik pertama pulau Kreta ini.

Kreta adalah pulau terpadat dan terbesar di wilayah Yunani dan merupakan terbesar kelima di Laut Tengah. Kreta terletak sekitar 160 km selatan dari daratan Yunani, dan sekitar 100 km barat daya Anatolia.

Deskripsi tersebut berasal dari ahli geografi dan sejarawan Yunani, Strabo yang lahir sekitar tahun 63 SM.

Strabo adalah sejarawan, geografer dan filsuf Yunani. Strabo lahir dari keluarga kaya dari Amaseia di Pontus, yang baru saja menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi. Kisah sejarah Strabo hampir sepenuhnya hilang.

Menurut Strabo, Curetes adalah lima bersaudara. Ada Heracles (jangan sampai tertukar dengan dewa setengah dewa yang terkenal Heracles, putra Zeus), Paeonian, Epimides, Iasios, dan Idas.

Legenda mengatakan bahwa mereka tidak dilahirkan, tetapi muncul dari bumi setelah air mata pertama Zeus membasahi tanah saat ia baru lahir.

Rincian ini melambangkan fakta bahwa mereka bukan sekadar manusia, tetapi juga penduduk asli bumi Kreta.

Mitos mereka kemudian menjadi tradisi, dan Curetes akhirnya dikenal sebagai penduduk pertama Kreta.

Baca Juga: Gaia: Dewi Bumi Mitologi Yunani yang Mendorong Gerakan Ekofeminisme